HUBUNGAN KEHAMILAN DENGAN MALARIA DAN PERSALINAN PRETERM PADA IBU BERSALIN DI RSUD ABEPURA JAYAPURA

MONIKA BASTIANA SAMALLO, NIM011012067 (2012) HUBUNGAN KEHAMILAN DENGAN MALARIA DAN PERSALINAN PRETERM PADA IBU BERSALIN DI RSUD ABEPURA JAYAPURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. RINGKASAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK BID 249-14 Sam h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Malaria dan kehamilan merupakan dua kondisi yang saling mempengaruhi. Perubahan fisiologi dalam kehamilan dan perubahan patologis akibat penyakit malaria mempunyai efek sinergis terhadap kondisi masing-masing. Pengaruh malaria terhadap kehamilan yaitu: abortus dan persalinan prematurus/preterm, kematian janin dalam rahim, dismaturitas, anemia dalam kehamilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kehamilan dengan malaria dan persalinan preterm pad a ibu bersalin di RSUD Abepura Jayapura. Metode penelitian ini adalah survey analitik dengan desain case control. Populasi kasus dalam penelitian ini adalah semua persalinan preterm di RSUD Abepura Jayapura tahun 2010 sejumlah 103, sedangkan populasi kontrol: semua persalinan bukan preterm di RSUD Abepura pada tahun 2010 sejumlah 1562. Pengambilan sampel untuk sampel kasus dengan total sampel dan untuk sampel kontrol digunakan simple random sampling yaitu dengan cara mengundi. Perbandingan sampel dalam penelitian ini yaitu 1 : 2 untuk kasus 74 responden danuntukkontrolsebanyak 144 responden. Sampel kasus dan kontrol dilakukan dengan kriteria inklusi dan eklusi.VariabeI independen, ibu hamil dengan malaria dan variabel dependen, persalinan preterm. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengumpul data. Sumber data dari rekam medik. Analisis data menggunakan uji ChiSquare dengan a=0,05. HasH penelitian ini sebagian besar responden keJompok kasus sebanyak (88%) sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak (12%) respon den menderita malaria. Hasil uji statistik Chi-Square didapatkan nilai signifikansi p=O,OOO (pibu hamil malaria dengan persalinan preterm. Kekuatan hubungan kedua variabel tersebut diketahui melalui nilai CI (0,435) p=0,000 yang artinya terdapat hubungan antara kehamilan dengan malaria dan persalinan preterm dengan kekuatan hubungan cukup. Uji odd ratio menunjukan hasil 23,200 yang artinya ibu hamil dengan malaria beresiko 23 kali Iebih besar terjadi persalinan preterm di bandingkan dengan ibu hamil tidak malaria. Berdasarkan hasil penelitianini, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara ibu hamil dengan malaria dan persalinan preterm di RSUD Abepura Jayapura tahun 20lO.Saran kepada petugas kesehatan untuk lebih meningkatkan deteksi dini malaria pada kehamilan sehingga persalinan preterm dapat di hindari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID 249-14 Sam h
Uncontrolled Keywords: KEHAMILAN
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
MONIKA BASTIANA SAMALLO, NIM011012067NIM011012067
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUNJOTO, , dr, Sp.OG (KUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 07 May 2014 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 10:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18845
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item