PERBEDAAN PERSEPSI ESTETIK DENTAL ANTARA PENELITI DAN PASIEN MENGGUNAKAN AESTHETIC COMPONENT DARI INDEX OF ORTHODONTIC TREATMENT NEED (IOTN) (Pasien di Departemen Ortodonsia RSGM-P FKG UNAIR Tahun 2014)

NABILLA VIDYAZTI RISHANDARI PRASETYO, 021111082 (2014) PERBEDAAN PERSEPSI ESTETIK DENTAL ANTARA PENELITI DAN PASIEN MENGGUNAKAN AESTHETIC COMPONENT DARI INDEX OF ORTHODONTIC TREATMENT NEED (IOTN) (Pasien di Departemen Ortodonsia RSGM-P FKG UNAIR Tahun 2014). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Index of Orthodontic Treatment Needs (IOTN) merupakan indeks yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kebutuhan perawatan. Perawatan ortodonti sering dilakukan bukan berdasarkan kebutuhan, tetapi berdasar permintaan maka persepsi seseorang mengenai estetika dental sangat penting dalam menentukan akan dilakukan perawatan atau tidak dan akan berpengaruh terhadap keberhasilan perawatan. Tujuan: Mengetahui perbedaan persepsi estetik dental pasien sebelum dan setelah bercermin, perbedaan persepsi estetik dental pasien laki-laki dan perempuan, perbedaan persepsi estetik dental peneliti dan pasien, dan perbedaan pengukuran estetik dental dari pengukuran klinis dan model studi pada pasien yang dirawat mahasiswa klinik angkatan 2010 di Departemen Ortodonsia RSGM-P FKG UNAIR tahun 2014. Metode: Jenis penelitian ini adalah dekriptif observasional. Perhitungan sampel menggunakan total sampling. Pasien diminta membandingkan kondisi gigi dengan 10 foto AC berwarna sebelum dan sesudah bercermin. Peneliti mengukur keadaan gigi pasien secara langsung/klinis menggunakan 10 foto AC berwarna dan model studi menggunakan foto AC tidak berwarna. Hasil: Uji Wilcoxon Signed Ranks Test untuk menentukan perbedaan persepsi pasien sebelum dan sesudah bercermin didapatkan signifikansi sebesar 0.058. p>0.05, tidak ada perbedaan persepsi pasien sebelum dan sesudah bercermin. Tingkat kebutuhan perawatan berdasarkan persepsi pasien antara laki-laki dan perempuan paling banyak berada pada tingkat tidak membutuhkan perawatan. Laki-laki sebesar 74% dan perempuan 83.3%. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test untuk menentukan perbedaan persepsi pasien dan peneliti didapatkan signifikansi sebesar 0.000. p<0.05, ada perbedaan persepsi antara pasien dan peneliti. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test untuk menentukan perbedaan persepsi AC antara model studi dan klinis didapatkan signifikansi sebesar 0.000, p<0.05, ada perbedaan persepsi AC antara model studi dan klinis. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan persepsi pasien mengenai estetik dental sebelum dan setelah bercermin, tidak terdapat perbedaan persepsi antara pasien laki-laki dan perempuan mengenai estetik dental. Terdapat perbedaan persepsi estetik dental yang signifikan antara antara peneliti dan pasien. Terdapat perbedaan hasil pengukuran dari klinis dan model studi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 66/15 Pra p
Uncontrolled Keywords: DENTAL AESTHETIC; INDEX OF ORTHODONTIC TREATMENT NEEDS
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NABILLA VIDYAZTI RISHANDARI PRASETYO, 021111082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThalca H., Prof. , drg.,MHPEd., SpOrt(K)., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 26 Jan 2015 12:00
Last Modified: 23 Jul 2016 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19413
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item