Studi Penggunaan Analgesik Pada Pasien Paska Operasi Batu Empedu (Penelitian Dilakukan Di Instalasi Rawat Inap Bedah RSUD Dr.Soetomo Surabaya)

RIA HANISTYA (2015) Studi Penggunaan Analgesik Pada Pasien Paska Operasi Batu Empedu (Penelitian Dilakukan Di Instalasi Rawat Inap Bedah RSUD Dr.Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (247kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (228kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (282kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit batu empedu (kolelitiasis) adalah penyakit hepatobilier kronik yang disebabkan terganggunya metabolisme dari kolesterol, bilirubin dan asam empedu yang ditandai dengan pembentukan batu empedu dalam saluran empedu hepatik atau di dalam empedu. Penanganan kolelitiasis utamanya untuk mengeluarkan batu dari saluran empedu yang dilakukan dengan cara melakukan tindakan pembedahan yang disebut kolesistektomi. Sebagian besar pasien paska operasi akan mengalami nyeri sedang hingga berat. Nyeri yang terjadi merupakan nyeri akut, yaitu nyeri yang muncul akibat dari kerusakan jaringan atau gejala dari kerusakan jaringan yang berlanjut. Nyeri akut yang tidak tertangani dengan tepat dapat menimbulkan berbagai macam gangguan, mulai dari gangguan pernapasan hingga gangguan pencernaan. Oleh karena itu nyeri harus mendapatkan penanganan yang adekuat sesuai dengan intensitas nyeri yang dialami pasien, yang diukur menggunakan suatu alat penilaian nyeri yang disebut NRS (Numerical Rating Scale). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola terapi penggunaan analgesik pada pasien paska operasi batu empedu yang meliputi jenis, dosis, frekuensi pemberian, rute dan lama pemberian analgesik pada pasien paska operasi batu empedu serta problema terkait obat yang berkaitan dengan pemberian analgesik. Penelitian dilakukan secara prospektif dengan mengumpulkan data dari Dokumen Medik Kesehatan (DMK) pasien dan melakukan penilaian nyeri pada pasien menggunakan instrumen nyeri berupa NRS (Numerical Rating Scale). Penilaian nyeri dilakukan pada hari kedua setelah pasien operasi dan dilakukan setelah pasien menerima analgesik yang diberikan secara intravena. Penelitian dilakukan di Instalasi Rawat Inap Bedah RSUD Dr. Soetomo Surabaya mulai bulan Maret-Mei 2015. Didapat sebanyak 15 pasien teriri atas 9 pasien perempuan dan 6 pasien laki-laki usia 17 tahun ke atas. Persentase terbanyak pasien paska operasi batu empedu datang dari pasien berusia 41-50 tahun yaitu 47% (7 orang). Sebanyak 50% pasien paska operasi batu empedu merasakan nyeri ringan. Jenis analgesik yang paling banyak digunakan adalah pada pasien paska operasi batu empedu adalah tramadol (80%) dan ketorolak (73%). Rute yang paling banyak digunakan oleh pasien adalah rute epidural-intravena (40%). Lama pemberian analgesik yang digunakan oleh pasien paska operasi batu empedu bervariasi antara 1-5 hari paska operasi. Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi adanya DRP meliputi DRP aktual dan DRP potensial. DRP aktual meliputi penggunaan dosis ketorolak yang terlalu tinggi pada 2 orang pasien lansia (13%). Sedangkan DRP potensial meliputi interaksi obat antara tramadol dan ondansetron (3 orang), morfin dan metoklopramid (6 orang) dan tramadol metoklopramid (5 orang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF FK.11/15 Han s
Uncontrolled Keywords: Drug Utilization Study, Analgesics, Post-operative, Cholecystectomy
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
RIA HANISTYANIDN051111182
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang SZNIDN0002057205
Thesis advisorVicky SB.NIDN8877900016
Thesis advisorRaswita DiniyaNIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 01 Apr 2016 11:54
Last Modified: 05 Jun 2020 03:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/19942
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item