PERHITUNGAN TEMPAT YANG DIBUTUHKAN ANTARA METODE PREDIKSI MOYERS DAN NOURALLAH PADA POPULASI ARAB DI SMA AL-IRSYAD SURABAYA

Kristya Asrianti Jarwadi, 020513584 (2009) PERHITUNGAN TEMPAT YANG DIBUTUHKAN ANTARA METODE PREDIKSI MOYERS DAN NOURALLAH PADA POPULASI ARAB DI SMA AL-IRSYAD SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kristyaasr-14575-kg1431-k.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kristyaasr-12200-kg1431-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Estimasi ukuran gigi permanen erupsi merupakan aspek penting dalam perencanaan perawatan di campuran gigi. Akurasi persamaan regresi atau tabel prediksi bisa dipertanyakan bila diterapkan kelompok ras yang berbeda atau populasi asal etnis yang berbeda. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keakuratan Moyers dan tabel prediksi Nourallah dalam memprediksi ukuran taring erupsi dan premolar kuadran rahang atas dan bawah dalam populasi Arab di SMA Al-Irsyad di Surabaya. Metode: gips Gigi dari 28 mata pelajaran Arabian (13 laki-laki dan 15 perempuan) diperoleh dengan metode random sampling sederhana di mana pasien dipilih secara acak menurut kriteria yang ditetapkan inklusi. Usia subjek berkisar antara 15 sampai 18 tahun, yang disajikan dengan letusan lengkap gigi seri rahang bawah permanen, semua taring dan premolar, dan rahang atas pertama molar permanen diukur menggunakan caliper digital dengan resolusi 0,01 mm. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Moyers dan tabel prediksi Nourallah yang akurat dalam memprediksi anjing erupsi dan ukuran gigi premolar dalam sampel kami. Kombinasi dari jumlah gigi seri rahang bawah permanen untuk metode Moyers dan gigi insisivus sentral lebih rendah permanen dan atas pertama molar permanen untuk metode Nourallah adalah prediktor terbaik untuk taring dan gigi premolar dalam sampel ini. Kesimpulan: Moyers dan tabel prediksi Nourallah yang akurat bila diterapkan populasi Arab di SMA Al-Irsyad di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 143/10 Jar p
Uncontrolled Keywords: teeth
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Kristya Asrianti Jarwadi, 020513584UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSianiwati Goenharto, drg., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 20 Jan 2011 12:00
Last Modified: 06 Oct 2016 01:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20163
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item