HUBUNGAN ANTARA JUMLAH CACING DENGAN JUMLAH TELUR CACING PERGRAM TINJA DAN GAMBARAN HISTOPATOLOGI SEKUM AYAM BURAS YANG TERINFEKSI CACING Heterakis gallinarum

MUHRISHOL YAFI, 060213058 (2006) HUBUNGAN ANTARA JUMLAH CACING DENGAN JUMLAH TELUR CACING PERGRAM TINJA DAN GAMBARAN HISTOPATOLOGI SEKUM AYAM BURAS YANG TERINFEKSI CACING Heterakis gallinarum. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
HUBUNGAN ANTARA JUMLAH CACING,JUMLAH TELUR CACING DAN HISTOPATOLOGI SEKUM AYAM KAMPUNGA KIBAT INFEKSI CACING HETERAKIS GALLINA - gdlhub-gdl-s1-2009-yafimuhris-10335-kh01-9.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-yafimuhris-10335-kh01-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ayam buras merupakan salah satu jenis ayam yang di ternakkan oleh masyarakat, perkembangan peternakan ayam burs sering mengalami kendala berupa munculnya berbagai macam penyakit oleh karena itu di perlukan tindakan pengamanan dan pencegahan terhadap serangan penyakit. Cacing Heterakis gallinarum merupakan salah satu jenis penyakit pada ayam buras yang harus ditangani secara serius,meskipun kerugian akibat dari kematian unggas oleh cacing ini tidak seberapa tapi kerugian akibat penurunan produktifitas dari ayam buras yang mengarah pada kerugian ekonomi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara jumlah cacing Heterakis gallinarum dengan telur cacing Heterakis gallinarum per gram tinja dan histopatologi sekum akibat infeksi Heterakis gallinarum secara alamiah. sampel yang di ambil dalam penelitian ini berjumlah 30 sampel, kemudian data dianalisis dengan metode korelasi dan regresi dalam program SPSS 11.5. Menurut Soulsby (1986) Efek langsung dari infeksi H gallinarum pada infeksi yang berat mungkin akan ditemukan penebalan dari mukosa sekum dengan jumlah petechial hemorrhagi pada permukaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara jumlah cacing dan jumlah telur cacing pergram tinja, dengan nilai korelasi sebesar 0.522 dan taraf signifikan 1%, sedang hubungan antara jumlah cacing dengan gambaran histopatologi sekum dan hubungan antara jumlah telur cacing pergram tinja dengan histopatologi sekum tidak memiliki nilai korelasi yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK- 2 KH 01 / 09 Yaf h
Uncontrolled Keywords: cacing; histopatologi; heterakis gallinarum
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF781-809 Communicable diseases of animals (General)
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
MUHRISHOL YAFI, 060213058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Mumpuni, M.Kes.,DrhUNSPECIFIED
Thesis advisorFedik Abdul Ratam, Dr.,DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 19 Oct 2009 12:00
Last Modified: 25 Jul 2016 08:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20304
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item