PENGARUH KOMBINASI KRIOPROTEKTAN DIMETHYL SULFOXIDE (DMSO) DAN GLISEROL PADA PENGENCER SEMEN BEKU SAPI POTONG TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA PASCA THAWING

RISTINA WINDAWATI, 060630288 (2009) PENGARUH KOMBINASI KRIOPROTEKTAN DIMETHYL SULFOXIDE (DMSO) DAN GLISEROL PADA PENGENCER SEMEN BEKU SAPI POTONG TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA PASCA THAWING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-windawatir-15816-kh45-10-k.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-windawatir-13187-kh45-10-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi krioprotektan DMSO dan gliserol pada pengencer semen beku sapi potong dapat meningkatkan persentase motilitas spermatozoa dan spermatozoa yang hidup pasca thawing. Penelitian ini menggunakan semen segar sapi Limousin berumur 2 tahun dengan menambahkan krioprotektan gliserol dan kombinasi DMSO dan gliserol pada proses pembekuan semen. Semen yang telah ditampung dengan menggunakan vagina buatan dilakukan pemeriksaan makroskopis dan mikroskopis untuk mengetahui semen layak diproses sebagai semen beku. Pengenceran semen dengan menambahkan diluter susu skim dan kuning telur. Pada proses pengenceran semen dibagi menjadi dua larutan yang terdiri dari larutan A dan larutan B. Larutan A berisi diluter susu skim dan semen, sedangkan larutan B berisi diluter susu skim, krioprotektan (gliserol dan kombinasi DMSO + gliserol) dan glukosa. Kemudian dilakukan proses pembekuan yang meliputi gliserolisasi, equilibrasi, filling&sealing, prefreezing dan freezing, kemudian dilakukan pemeriksaan persentase motilitas spermatozoa dan persentase spermatozoa yang hidup pasca thawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase motilitas spermatozoa pasca thawing antara kontrol (krioprotektan gliserol 8%) dan perlakuan (kombinasi krioprotektan DMSO 1% dan gliserol 6%) terdapat berbedaan yang sangat nyata (P<0,01). Persentase spermatozoa yang hidup pasca thawing antara kontrol dan perlakuan juga menunjukkan perbedaan yang sangat nyata (p<0,01). Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk mengaplikasikan semen beku dengan penambahan kombinasi krioprotektan DMSO 1% + gliserol 6% secara invitro dan menguji daya tahan spermatozoa pasca thawing terhadap suhu ruang sebelum digunakan untuk pelaksanaan IB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 45/10 Win p
Uncontrolled Keywords: Combination DMSO 1% and glycerol 6%, spermatozoa, bull
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL700-739.8 Mammals
S Agriculture > SF Animal culture > SF191-275 Cattle
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
RISTINA WINDAWATI, 060630288UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdriana Monica SahiduUNSPECIFIED
Thesis advisorRr Sri Pandja Madyawati, Dr., M.Si., drhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 08 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 13:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/20363
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item