PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya L Less) DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KONSUMSI PAKAN, PERTAMBAHAN BERAT BADAN DAN KONVERSI PAKAN PADA AYAM PEDAGING JANTAN

Bonaventur Julia Bota, 069712391 (2004) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya L Less) DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KONSUMSI PAKAN, PERTAMBAHAN BERAT BADAN DAN KONVERSI PAKAN PADA AYAM PEDAGING JANTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
109. Abstrak KH 64-06 Bot p.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-botabonave-1926-kh6406.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun pepaya (Carica papaya L. Less) dalam pakan komersial terhadap konsumsi pakan, pertambahan berat badan dan nilai konversi pakan pada ayam pedaging jantan. Hewan percobaan yang digunakan adalah ayam pedaging jantan strain Abror Acres CP 707 sebanyak 28 ekor. Dari sejumlah tersebut diacak menurut pola rancangan acak lengkap (RAL) menjadi empat perlakuan (Po, P1, P2 dan P3) yang masing-masing dengan tujuh ulangan. Perlakuan Po adalah kontrol yang diberi pakan komersial (tanpa penambahan tepung daun pepaya). Perlakuan P1 diberi pakan komersial + 2% tepung daun pepaya. Perlakuan P2 diberi pakan komersial + 4% tepung daun pepaya. Perlakuan P3 diberi pakan komersial + 6% tepung daun pepaya. Selama penelitian, konsumsi pakan dan pertambahan berat badan dicatat serta dihitung nilai konversi pakan. Pengumpulan data dilakukan selama tiga minggu perlakuan, data yang diperoleh dianalisis dengan uji F dan apabila terdapat perbedaan yang nyata kemudian dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang sangat nyata (p<0,01) diantara keempat perlakuan. Penambahan tepung daun pepaya sebesar 2% ataupun 4% dalam pakan komersial hasilnya sama dengan kontrol yaitu tidak mempunyai pengaruh terhadap peningkatan konsumsi pakan, pertambahan berat badan dan penurunan nilai konversi pakan ayam pedaging jantan. Penambahan tepung daun pepaya sebanyak 6% dalam pakan komersial mempunyai pengaruh terhadap penurunan konsumsi pakan, pertambahan berat badan dan peningkatan nilai konversi pakan ayam pedaging jantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH.64/06 Bot p
Uncontrolled Keywords: Carica papaya L Less ( TIDAK ADA FILE ABSTRAK )
Subjects: Q Science > QK Botany > QK1-989 Botany
S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Bonaventur Julia Bota, 069712391UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusriningrum, Prof., Dr., Hj., R., M.S., IrUNSPECIFIED
Thesis advisorMirni Lamid, Mp., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 08 Sep 2006 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 02:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item