PENGARUH FREKUENSI PENCUCIAN SPERMATOZOA DOMBA PADA MEDIUM BO DITAMBAH BSA DAN ICAFEIN TERHADAP PERSENTASE MOTILITAS DAN JUMLAH SPERMATOZOA HIDUP

NURUL HIDAYAH, 060112919 (2005) PENGARUH FREKUENSI PENCUCIAN SPERMATOZOA DOMBA PADA MEDIUM BO DITAMBAH BSA DAN ICAFEIN TERHADAP PERSENTASE MOTILITAS DAN JUMLAH SPERMATOZOA HIDUP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
nurul hidayah.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-hidayahnur-1694-kh55_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

enelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi pencucian spermatozoa domba pada medium Brackett and Oliphant (BO) yang ditambahkan Bovine Serum Albumin (BSA) dan kafein terhadap persentase motilitas (gerak progresif) dan jumlah spermatozoa hidup. Penelitian ini menggunakan semen domba ekor gemuk. Semen dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok I adalah kontrol (P0), sampel tidak disentrifus. Kelompok II (P1), sampel dicuci dengan disentrifus sebanyak satu kali. Kelompok III (P2), sampel dicuci dengan disentrifus sebanyak dua kali. Medium pencucian spermatozoa dalam penelitian ini adalah BO yang ditambah BSA dan kafein sebanyak 3 ml pada kelompok kontrol dan perlakuan. Pemeriksaan persentase motilitas (gerak progresif) dan jumlah spermatozoa hidup dilakukan pada menit ke-75 setelah perlakuan. Rancangan penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan dan enam kali ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan Anava, jika ada perbedaan diantara perlakuan dilanjutkan dengan Uji BNT 5%. Hasil penelitian terhadap persentase motilitas dan jumlah spermatozoa hidup menunjukkan perbedaan sangat nyata (p<0,01) diantara perlakuan. Uji BNT 5% menunjukkan persentase motilitas dan jumlah spermatozoa hidup pada pencucian dua kali (P2) lebih tinggi dan berbeda nyata dengan kelompok pencucian satu kali (P1) dan kontrol (P0), kelompok pencucian satu kali (P1) berbeda nyata dengan kontrol (P0). Pada penelitian ini dapat disimpulkan pencucian spermatozoa dua kali dapat meningkatkan persentase motilitas dan jumlah spermatozoa hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 55/06 Hid p
Uncontrolled Keywords: Spermatozoa – Motility
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SF Animal culture > SF371-379 Sheep. Wool
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
NURUL HIDAYAH, 060112919UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrilas Sardjito, M.Si., DrhUNSPECIFIED
Thesis advisorHerman Setyono, M.S., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 16 Aug 2006 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 02:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21384
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item