SELEKSI BAKTERI Bacillus subtilis YANG PEKA PENISILIN-G TERHADAP ANTIBIOTIKA PENISILIN, AMPISILIN, AMOKSISILIN, DAN KLOKSASILIN

Nani Limarni, 069912702 (2004) SELEKSI BAKTERI Bacillus subtilis YANG PEKA PENISILIN-G TERHADAP ANTIBIOTIKA PENISILIN, AMPISILIN, AMOKSISILIN, DAN KLOKSASILIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-limarninan-1876-kkckk8-k.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-limarninan-1876-kh8606-s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bakteri Bacillus subtilis yang peka terhadap antibiotika Penisilin-G dan mengetahui besarnya kadar minimun antibiotika β-laktam yang masih dapat menghambat pertumbuhan Bacillus subtilis, sehingga nantinya akan dapat digunakan sebagai bahan dasar pada pengembangan kitt pendeteksi residu antibiotika. Bacillus subtilis diisolasi dari tanah peternakan sapi, tanah peternakan kambing, tanah peternakan ayam, tanah humus dan tanah pembuangan sampah. Sampel tanah dilarutkan dalam NaCl fisiologis yang dipanaskan agar bakteri yang tidak tahan pemanasan akan mati dan yang tinggal hanya bakteri yang mempunyai spora tahan panas. Kemudian bakteri tersebut diinokulasi pada media nutrient agar (NA). Koloni yang diduga Bacillus subtilis dilakukan identifikasi dengan pewarnaan Gram, pewarnaan spora dan uji hemolisis pada media blood agar (BA). Selanjutnya dilakukan uji kepekaan terhadap antibiotika Penisilin-G 10 IU dilakukan dengan metode Kirby-Bauer, yang dilanjutkan dengan penentuan besarnya kadar minimun dari beberapa antibiotika β-laktam dengan menggunakan metode dilusi. Hasil penelitian didapatkan isolat murni Bacillus subtilis Ns1 berasal dari tanah sampah yang sensitif antibiotika Penisilin, yang telah diketahui kadar minimun masing-masing antibiotika yang masih dapat menghambat pertumbuhan Bacillus subtilis Ns1 tersebut adalah : Penisilin 0.002 IU/ml, Ampisilin 0,0009 g/ml, Amoksisilin 0,0009 g/ml dan Kloksasilin 0,0009 g/ml.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 86/06 Lim s
Uncontrolled Keywords: BACILLUS SUBTILIS; ANTIBIOTICS
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Nani Limarni, 069912702UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIwan Sahrial Hamid, M.Si., DrhUNSPECIFIED
Thesis advisorTatik Hernawati, M.Si., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 05 Sep 2006 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 02:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21401
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item