PENGARUH SENTRIFUGASI DAN SWIM UP TERHADAP MOTILITAS DAN PERSENTASE HIDUP SPERMATOZOA DOMBA PADA MEDIA Brackett and Oliphant (BO) dan Bovine Serum Albumin (BSA)

DARUSMAN, 060112963 (2005) PENGARUH SENTRIFUGASI DAN SWIM UP TERHADAP MOTILITAS DAN PERSENTASE HIDUP SPERMATOZOA DOMBA PADA MEDIA Brackett and Oliphant (BO) dan Bovine Serum Albumin (BSA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Darusman.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-darusman-1914-kh57-06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pencucian sentrifugasi dan swim up pada media BO (Brackett and Oliphant) yang ditambahkan BSA (Bovine Serum Albumin) terhadap motilitas dan persentase hidup spermatozoa domba. Dalam penelitian ini menggunakan sampel semen domba ekor gemuk. Semen terlebih dahulu diperiksa kualitasnya secara makroskopis maupun mikroskopis. Selanjutnya sampel dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok kontrol (P0) sample semen langsung di tambahkan dengan media pencucian BO dan BSA tanpa dilakukan sentrifugasi. Kelompok sentrifugasi (P1), sampel semen disentrifugasi dengan kecepatan 1800 rpm selama 10 menit yang sebelumnya ditambahkan dengan media pencucian BO dan BSA. Kelompok Swim up adalah kelompok (P2), sampel semen ditambah 2ml media BO dan BSA ialu disentrifus dengan kecepatan 1800 rpm selama 10 menit kemudian dibuang supernatan lalu ditambah lagi dengan media BO dan BSA tents dilnkubasi selama 30 merit untuk memberikan kesempatan pada spermatozoa motil berenang ke atas permukaan. Media pencucian spermatozoa dalam penelitian ini adalah BO (Brackett and oliphant) BSA (Bovine Serum Albumine) sebanyak 2 ml pada kelompok kontrol dan perlakuan. Pemeriksaan motilitas (gerak progresif) dan persentase hidup spermatozoa dilakukan pada 0 jam. Rancangan yang dipakai adalah rancangan acak lengkap (RAL). Bila terdapat perbedaan nyata dilanjutkan dengan Uji BNT 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok perlakuan dengan cara swim up (P2) memberikan motilitas dan jumlah hidup lebih tinggi dibandingkan kelompok perlakuan sentrifugasi (P1).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 5706 Dar p
Uncontrolled Keywords: SPERMATOZOA – MOTILITY
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology > QL1-991 Zoology
S Agriculture > SF Animal culture > SF371-379 Sheep. Wool
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
DARUSMAN, 060112963UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoehartojo, Prof., Dr., H., M.Sc., DrhUNSPECIFIED
Thesis advisorI Komang Wiarsa Sardjana, Dr., DEA., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 07 Sep 2006 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 02:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21403
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item