Respon Imun Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) Terhadap Komponen Intraseluler dan Protein Membran Luar Bakteri Vibrio anguillarum.

ANDREAS DEWANTORO, 060110001 P (2006) Respon Imun Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) Terhadap Komponen Intraseluler dan Protein Membran Luar Bakteri Vibrio anguillarum. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-dewantoroa-3141-kkckkk-k.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-dewantoroa-3141-khbp18-r.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budidaya ikan kerapu macan dihadapkan pada kendala serangan penyakit vibriosis yang sering menyerang benih mengakibatkan meningkatnya. tingkat mortalitas benih dan menimbulkan kerugian besar bagi pembudidaya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran respon imun benih ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) terhadap pemberian komponen intraseluler dan protein membran luar bakteri Vibrio anguillarum sebagai antigen. Parameter yang diamati adalah titer antibodi dan sintasan (survival rate) ikan kerapu macan. Parameter penunjang adalah pengamatan histopatologi, karakterisasi antigen dengan uji elektroforesis dan kualitas air media pemeliharaan. Metode penelitian secara eksperimental, dengan tiga perlakuan, yaitu pemberian antigen berupa komponen intraseluler, protein luar membran dan kontrol. Data disajikan secara deskriptif. Komponen intraseluler dan protein membran luar dibuat dengan cara fraksinasi sel bakteri secara mekanik, menggunakan sonikasi, dan sentrifugasi. Antigen yang didapat, diberikan secara oral sebanyak 0,1 ml/ikan. Pada ikan kontrol, antigen diganti dengan PBS. Pada hari ke-10 setelah vaksinasi, ikan diuji tantang dengan bakteri Vibrio anguillarum, sebanyak 6,4 x 104 CFU/ml. Metode untuk uji tantang dilakukan secara injeksi intra muscular (IM). Ikan dipelihara selama 14 hari dalam akuarium untuk mengetahui sintasan ikan kerapu macan setelah uji tantang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa titer antibodi ikan kerapu macan yang divaksin dengan komponen intraseluler meningkat sebesar 128 dan titer antibodi ikan kerapu macan yang divaksin dengan protein membran luar bakteri Vibrio anguillarum meningkat sebesar 256. Hal ini menunjukkan bahwa tubuh ikan memberikan respon positif terhadap vaksin yang diaplikasikan. Sintasan ikan kerapu macan setelah dilakukan uji tantang dengan bakteri Vibrio anguillarum mencapai 90% pada ikan yang divaksin dengan protein membran luar, dan 80% pada ikan yang divaksin dengan komponen intraseluler. Sintasan ikan kerapu macan sebagai kontrol 30%. Relative percent survival (RPS) ikan kerapu macan yang divaksin menggunakan protein membran luar (85,71%) dan komponen seluler (71,43%) Dari hasil pemeriksaan histopatologis hati ikan kerapu macan yang mati setelah uji tantang terlihat terjadi kerusakan jaringan hati ikan kerapu macan berupa nekrosis dan degenerasi. Uji elektroforesis terhadap antigen dengan SDS-PAGE menunjukkan protein dengan berat molekul sebesar 45 kDa sebagai protein yang dominan pada antigen komponen intraseluler. Pada antigen protein membran luar, berat molekul protein yang dominan sebesar 66,2 dan 40 kDa. Kualitas air media pemeliharaan mencapai kondisi yang optimal untuk timbulnya respon imun ikan kerapu macan terhadap antigen yang diberikan. Suhu air 29 - 31 °C, pH 7,5 - 7,8, salinitas 32 - 33 ppt, dan DO 7,6 - 8 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH BP 18/06 Dew r
Uncontrolled Keywords: FISHERY TECHNOLOGY
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
ANDREAS DEWANTORO, 060110001 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Suprapto, Dr., M.Agr., IrUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Subekti, Prof., Dr., Hj., DEA., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 08 Dec 2006 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 03:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21423
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item