PENGARUH MEDIA PENGENCER NaCl FISIOLOGIS DAN KUNING TELUR SITRAT TERHADAP PERSENTASE VIABILITAS DAN MOTILITAS SPERMATOZOA LELE DUMBO (Clarias gariepinus)

Dwi Dina Hijriana, 061011208 (2014) PENGARUH MEDIA PENGENCER NaCl FISIOLOGIS DAN KUNING TELUR SITRAT TERHADAP PERSENTASE VIABILITAS DAN MOTILITAS SPERMATOZOA LELE DUMBO (Clarias gariepinus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-hijrianadw-35392-6.abstr-t.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-hijrianadw-35392-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsumsi ikan yang semakin meningkat diiringi pula dengan kenaikan permintaan benih ikan, salah satunya permintaan benih lele dumbo. Namun, benih yang tersedia tidak mencukupi permintaan yang ada. Contoh penyebabnya adalah pemijahan lele dumbo hanya pada musim hujan, sehingga tidak bisa hanya mengandalkan pemijahan alami maka dibutuhkan pemijahan buatan. Pemijahan buatan sangat diperlukan ketika tidak pada musim hujan. Pemijahan buatan tidak mudah dilakukan sebab spermatozoa ikan ketika dikeluarkan di luar tubuh induk tidak bisa bertahan lama atau cepat mati. Maka diperlukan pengencer yang dapat menambah daya hidup spermatozoa lele dumbo. Pengencer sperma ikan yang biasa digunakan yaitu NaCl fisiologis yang merupakan larutan yang aman dan bersifat isotonis dengan plasma semen. Pengencer semen yang lainnya yaitu Kuning Telur Sitrat yang mempunyai sifat penyanggah, memberi energi untuk spermatozoa dan memiliki sifat anti coldshock. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penambahan pengencer NaCl fisiologis dan Kuning Telur Sitrat terhadap persentase viabilitas dan motilitas spermatozoa lele dumbo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. KH. 171-14 Hij p
Uncontrolled Keywords: CLARIAS GARIEPINUS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF910 Other diseases and conditions
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Dwi Dina Hijriana, 061011208UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Pantja Madyawati, Dr., drh., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 07:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21595
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item