FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERILAKU PENCARIAN PENGOBATAN ALTERNATIF PADA PENDERITA STROKE (Studi di Griya Terapi Agus Suyanto Surabaya)

ISABELLA JULIANA PRATIWI, 100610049 (2010) FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERILAKU PENCARIAN PENGOBATAN ALTERNATIF PADA PENDERITA STROKE (Studi di Griya Terapi Agus Suyanto Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-pratiwiisa-15126-kkckkf-k.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-pratiwiisa-12604-kkckkf-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stroke merupakan penyebab kecacatan nomor satu di dunia. Pengobatan dan rehabilitasi sangat penting bagi penderita stroke. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara pengobatan medis, alternatif maupun komplementer. Antusiasme masyarakat terhadap pengobatan alternatif cukup besar, sehingga mendorong peneliti melakukan penelitian mengenai perilaku pencarian pengobatan alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang melatarbelakangi perilaku pencarian pengobatan alternatif pada penderita stroke. Penelitian menggunakan rancang bangun crossectional. Sampel penelitian adalah 58 penderita stroke yang melakukan pengobatan alternatif di Griya Terapi Agus Suyanto. Sampel diambil secara acak dengan menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Variabel bebas meliputi tingkat pendapatan, pengetahuan mengenai stroke, pengalaman medis, jarak ke tempat pengobatan, biaya pengobatan, dan dukungan keluarga. Variabel tersebut diuji dengan chi-square dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 5%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor predisposing yaitu pengalaman medis (p=0,036) ada hubungan dengan perilaku pencarian pengobatan alternatif. Sedangkan faktor enabling dan reinforcing tidak ada hubungan dengan perilaku pencarian pengobatan alternatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pengalaman medis dengan perilaku pencarian pengobatan alternatif, olehkarena itu sebaiknya pengobatan medis dapat berjalan beriringan dengan pengobatan alternatif, sebagai pelengkap suatu pengobatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 80/10 Pra f
Uncontrolled Keywords: STROKE AND ALTERNATIVE MEDICINE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Creators:
CreatorsNIM
ISABELLA JULIANA PRATIWI, 100610049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFariani Syahrul, NIDN0010026902UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 23 Feb 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 08:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21951
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item