ANALISIS FAKTOR MANAJEMEN PROGRAM DAN MASYARAKAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN DROP-OUT DPT1-CAMPAK Studi Komparasi di Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan Tahun 2010

ROSYIDAH LISTIARINI KURNIA, 100830224 (2010) ANALISIS FAKTOR MANAJEMEN PROGRAM DAN MASYARAKAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN DROP-OUT DPT1-CAMPAK Studi Komparasi di Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan Tahun 2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurniarosy-15158-kkckkf-k.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurniarosy-12626-kkckkf-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cakupan lima imunisasi dasar pada bayi secara lengkap tidak dapat tercapai karena beberapa hal, diantaranya Drop Out (DO) Imunisasi DPT1-Campak, sehingga dapat menurunkan kekebalan masyarakat (herd immunity) terutama bayi terhadap Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor manajemen program dan masyarakat yang berhubungan dengan DO DPT1-Campak (Studi Komparasi di Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan tahun 2010). Penelitian ini dilaksanakan secara cross sectional. Wawancara dilaksanakan terhadap 17 petugas (Kepala Puskesmas, Koordinator Imunisasi dan Pembina Kelurahan) di Puskesmas Bugulkidul (dengan angka DO DPT1-Campak <10%) dan Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan (dengan angka DO DPT1-Campak >10%), serta terhadap ibu yang mempunyai balita berumur 1-2 tahun di kedua wilayah puskesmas tersebut (200 orang). Tehnik sampling adalah cluster sampling. Independen variabel adalah manajemen program imunisasi yaitu perencanaan (P1), penggerakan pelaksanaan (P2) dan pengawasan, pengendalian dan penilaian (P3) serta faktor masyarakat yang meliputi karakteristik masyarakat (umur, tingkat pendidikan, status pekerjaan, tingkat pengeluaran rumah tangga per bulan, jumlah anggota keluarga, pengetahuan terhadap imunisasi dan faktor preferensi), faktor sosial dan jarak terhadap fasilitas pelayanan imunisasi. Hasil uji korelasi terhadap faktor masyarakat (α=0,05) ternyata hanya status pekerjaan dan tingkat pengetahuan terhadap imunisasi yang berhubungan terhadap DO DPT1-Campak di wilayah Puskesmas Bugulkidul Kota Pasuruan (p<0,05). Sedangkan faktor masyarakat yang berhubungan terhadap DO DPT1-Campak di wilayah Puskesmas Kandangsapi lebih banyak yaitu tingkat pendidikan, status pekerjaan, jumlah anggota keluarga, tingkat pengeluaran rumah tangga per bulan dan faktor preferensi atau kesukaan dalam memilih fasilitas pelayanan imunisasi (p<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 64/10 Kur a
Uncontrolled Keywords: MEASLES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RB Pathology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ROSYIDAH LISTIARINI KURNIA, 100830224UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, , S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 24 Feb 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21955
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item