KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DITINJAU DARI FAKTOR MANUSIA PADA TENAGA KERJA DODOG CAT (Studi Di Jalan Pengenal, Kecamatan Bubutan, Surabaya)

ISTIANA EKA SEFITRI, 100610213 (2010) KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DITINJAU DARI FAKTOR MANUSIA PADA TENAGA KERJA DODOG CAT (Studi Di Jalan Pengenal, Kecamatan Bubutan, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sefitriist-15221-kkckkf-k.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sefitriist-12667-kkckkf-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan kerja dapat disebabkan oleh 2 faktor yaitu unsafe action atau faktor manusia dan unsafe condition atau faktor lingkungan. Berdasarkan penelitian para ahli diperoleh bahwa 80-85 % kecelakaan kerja disebabkan oleh faktor manusia. Kejadian kecelakaan kerja dapat terjadi diseluruh sektor kerja termasuk sektor informal. Dodog cat merupakan sektor usaha informal yang kurang memperhatikan keselamatan kerja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan kejadian kecelakan kerja dengan faktor karakteristik tenaga kerja. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan metode analisis data analitik yang menggunakan uji chi square. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kejadian kecelakaan kerja selama bulan November 2009-April 2010, sedangkan variabel bebasnya adalah faktor karakteristik tenaga kerja yang meliputi umur, masa kerja, status perkawinan, tingkat pendidikan dan pemakaian alat pelindung diri (APD). Hasil penelitian ini menyatakan ada beda kejadian kecelakaan kerja dengan umur tenaga kerja ( p <α), masa kerja tenaga kerja (p <α) dan status perkawinan ( p <α). Selain itu tidak ada beda kejadian kecelakaan kerjadengan tingkat pendidikan (p >α) . Oleh karena itu disarankan kepada seluruh tenaga kerja sebaiknya diberi pengarahan tentang tata cara penggunaan peralatan oleh tenaga kerja yang sudah berpengalaman serta diperlukan pemberian informasi tentang pentingnya keselamatan kerja dari instansi terkait seperti puskesmas, pemerintah daerah, disnaker dan dinkes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 73/10 Sef k
Uncontrolled Keywords: ACCIDENT OF WORK
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ISTIANA EKA SEFITRI, 100610213UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny ardyanto, Dr..W.Ir., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 25 Feb 2011 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 08:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/21961
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item