ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ASKES DAN RAWAT INAP BAGI PASIEN RAWAT INAP ASKES SOSIAL (Studi di Instalasi Rawat Inap Medik RSU Dr Soetomo Surabaya)

LAILIA SAFAANI SYARIFAH, 100210973 (2006) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ASKES DAN RAWAT INAP BAGI PASIEN RAWAT INAP ASKES SOSIAL (Studi di Instalasi Rawat Inap Medik RSU Dr Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-syarifahla-2485-fkm860-k.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-syarifahla-2485-fkm86_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada tahun 2004 pemerintah membuat kebijakan tentang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam kaitannya dengan kualitas pelayanan publik. Dalam latar belakang kebijakan tersebut disebutkan bahwa adanya keluhan masyarakat terhadap pelayanan publik merupakan pencerminan kualitas pelayanan. Dengan demikian keluhan yang disampaikan pasien ASKES Sosial dapat menjadi indikasi perlunya peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan dan diharapkan dapat ditingkatkan oleh pihak rumah sakit dan PT ASKES. Berdasarkan adanya keluhan tersebut, maka masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah tingginya keluhan (80%) peserta ASKES sosial terhadap pelayanan ASKES dan instalasi rawat inap di RSU Dr Soetomo Surabaya. Dengan semakin tingginya tuntutan di bidang kualitas pelayanan publik khususnya dalam bidang jasa pelayanan kesehatan rumah sakit maka penting untuk mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan melalui ukuran penilaian pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari kualitas pelayanan ASKES dan pelayanan rawat inap RSU Dr Soetomo bagi pasien rawat inap ASKES Sosial melalui penilaian kualitas unsur yang ada dalam Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini merupakan penelitian survey yang mengambil sampel pasien rawat inap ASKES Sosial yang dirawat pada bulan Mei 2006 dengan sampel sebanyak 76 orang dari total populasi 300 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Jika ditinjau dari segi waktu termasuk dalam penelitian cross sectional. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus penghitungan IKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan ASKES dan pelayanan rawat inap RSU Dr Soetomo berdasarkan penilaian pasien ASKES Sosial terhadap unsur yang ada dalam IKM adalah baik dengan nilai 1KM 2,89. Namun demikian, kualitas pelayanan ASKES dan rawat inap masih perlu ditingkatkan terutama pada unsur yang memiliki nilai rata-rata rendah. Kualitas pelayanan ASKES dan rumah sakit secara keseluruhan juga harus selalu dievaluasi demi menjaga kualitas pelayanan ASKES dan rumah sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 86/06 Sya a
Uncontrolled Keywords: Health insurance services quality and intensive inn care services quality, Customer Satisfaction Index (CSI)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
LAILIA SAFAANI SYARIFAH, 100210973UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita D, Dr., drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 09 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 23:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22185
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item