HIGIENE SANITASI DEPOT DAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR MINUM ISI ULANG (Studi pada DAMIU di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur)

BAMBANG SUPRIHATIN, 100531826 (2007) HIGIENE SANITASI DEPOT DAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR MINUM ISI ULANG (Studi pada DAMIU di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Bambang Suprihatin.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-suprihatin-8633-fkm144-7.pdf
Restricted to Registered users only until 2019.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berkembangnya usaha depot air minum isi ulang diberbagai kota mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Kualitas air minum isi ulang masih dipertanyakan khususnya tentang kualitas bakteriologisnya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui higiene sanitasi depot dan menganalisis kualitas bakteriologis air minum isi ulang di wilayah Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur. Subyek dalam penelitian ini adalah, karyawan untuk dinilai higienenya, Depot air minum untuk dinilai sanitasinya dan air minum untuk dianalisis bakterinya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan rancang bangun penelitian cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan April – Juni tahun 2007. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa seluruh DAMIU di Kecamatan Tanjung Redeb 66,7% tidak memenuhi syarat dan tidak memiliki fasilitas sanitasi, dilain pihak, sanitasi bangunan, alat pengolahan, dan kualitas bakteriologis air minum isi ulang memenuhi syarat menurut standart Departemen Kesehatan RI. Kesimpulan hasil penelitian adalah selwuh depot air minum isi ulang di Kecamatan Tanjung Redeb masih memenuhi persyaratan dari Departemen Kesehatan RI dengan range prosentase 63 - 83 %. Untuk mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan air minum isi ulang disarankan kepada pengelola untuk menjaga kualitas air minum untuk aktif memeriksakan sampel air produksinya secara berkala, minimal satu bulan satu kali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 144/07 Sup h
Uncontrolled Keywords: Bacteriologic quality, Hygiene, Reffill drinking water depo, Sanitation.
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
BAMBANG SUPRIHATIN, 100531826UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Adriyani, S.T., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 28 Jan 2009 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 15:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22213
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item