HUBUNGAN ANTARA LAMA PEMAKAIAN DENGAN AMENORRHOE, SPOTING, PENINGKATAN BB PADA AKSEPTOR KB DEPO MEDROXY PROGESTERONE ACETAT (DMPA)(STUDI KASUS DI PUSKESMAS SAWAHAN SURABAYA)

INDAH NOVITA SARI, 100911295 (2012) HUBUNGAN ANTARA LAMA PEMAKAIAN DENGAN AMENORRHOE, SPOTING, PENINGKATAN BB PADA AKSEPTOR KB DEPO MEDROXY PROGESTERONE ACETAT (DMPA)(STUDI KASUS DI PUSKESMAS SAWAHAN SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-sariindahn-22058-6.abst-t.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-sariindahn-22058-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Alat kontrasepsi suntik suntik merupakan metode paling diminati oleh akseptor KB. Dua macam komponen KB suntik adalah esterogen dan progesteron atau salah satunya saja yaitu progesteron. Hormon esterogen berfungsi untuk menghambat ovulasi dengan menekan ganadrotropin, menghambat implantasi dengan mengubah pematangan endometrium dan mempercepat transportasi ovum. Sedangkan fungsi hormon progesteron adalah terbentuknya mukus serviks yang kental sedikit selular, menghambat perjalanan sperma dan menyebabkan perubahan pada endometrium. Keadaan selanjutnya ternyata memungkinkan akibat tidak terjadinya menstruasi, amenorrhea dan petambahan berat badan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama pemakaian dengan efek samping (amenorrhea, spoting, peningkatan BB) pada akseptor KB DMPA. Desain penelitian ini adalah cros sectional. Populasi penelitian adalah seluruh akseptor KB DMPA di Puskesmas Sawahan Surabaya bulan Januari- Desember 2010 sebesar 268 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling diperoleh responden sebanyak 146 orang. Pengumpulan data dengan observasi analitik melalui lembar check list. Data diolah dengan tabulasi, dan untuk mengetahui hubungan lama pemakaian dengan efek samping pada akseptor KB DMPA digunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan rs = 0,489 (ρ = 0,005) untuk lama pemakain dan ammenorrhea, rs = 0,696 (ρ = 0,005) untuk lama pemakaian dan spoting, dan rs = 0,467 (ρ = 0,005) untuk peningkatan BB berarti terdapat hubungan yang signifikan antara lama pemakaian dengan efek samping (amenorrhea, spoting, peningkatan BB) pada akseptor KB DMPA di Puskesmas Sawahan Surabaya bilan Januari-Desember 2010. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan para akseptor KB memahami efek samping KB DMPA dan berkonsultasi dengan petugas kesehatan sehingga mampu mengatasi keluhan yang ada. Petugas kesehatan hendaknya lebih intensif memberikan pelayanan konseling kepada para pengguna KB suntik DMPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 157/ 12 Sar h
Uncontrolled Keywords: Older DMPA use, Amenorrhoe, Spotting, Increased Body Weight.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG133-137.6 Conception. Artificial insemination. Contraception
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
INDAH NOVITA SARI, 100911295UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKuntoro, Prof., dr., M.PH, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 28 Dec 2012 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 04:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22216
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item