HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIOEKONOMI DAN DEMOGRAFI DENGAN PERSEPSI NILAI ANAK DAN PERMINTAAN TERHADAP ANAK PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR (Studi di Kelurahan Ngampelsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo)

NININ YONANDA FUTIKA, 100810318 (2012) HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIOEKONOMI DAN DEMOGRAFI DENGAN PERSEPSI NILAI ANAK DAN PERMINTAAN TERHADAP ANAK PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR (Studi di Kelurahan Ngampelsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-futikanini-22083-6.abstr-t.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-futikanini-22083-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan ekonomi keluarga mengakibatkan semakin banyak wanita yang ingin memiliki anak sedikit. Persepsi tentang nilai anak dan berapa jumlah anak yang diinginkan atau dimiliki pada wanita berbeda antara satu orang dengan lainnya. Tujuan dari penelitian adalah mengkaji hubungan karakteristik sosioekonomi dan demografi dengan persepsi nilai anak dan permintaan terhadap anak pada wanita pasangan usia subur di Kelurahan Ngampelsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang dilakukan dengan rancangan cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada 205 orang wanita pasangan usia subur. Subjek ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Variabel bebas penelitian adalah umur, status migrasi, pendidikan, status kerja, penghasilan, umur kawin pertama, kematian anak, dan jumlah anak. Hasil dianalisis menggunakan uji Chi Square dan Spearman dengan tingkat kemaknaan 0,1 sehingga dapat dilihat hubungan antara karakteristik sosioekonomi dan demografi dengan persepsi nilai anak dan permintaan terhadap anak. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada hubungan antara umur, umur kawin pertama, kematian anak, dan jumlah anak dengan persepsi nilai anak. Sedangkan pada permintaan terhadap anak ada hubungan dengan umur, pendidikan, umur kawin pertama. Rekomendasi untuk pihak PPKBD Kelurahan Ngampelsari atau PLKB Kecamatan Candi agar lebih mempertimbangkan karakteristik umur, pendidikan, umur kawin pertama, kematian anak, dan permintaan terhadap anak apabila akan melakukan sosialisasi mengenai peningkatan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 163/ 12 Fut h
Uncontrolled Keywords: socioeconomic and demographic characteristics, value, demand for children
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NININ YONANDA FUTIKA, 100810318UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoenarnatalina Melaniani, Dr., Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 02 Jan 2013 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 06:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22221
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item