STUDI TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA KERJA MENGENAI RISIKO BAHAYA DAN PENGENDALIANNYA DI CONFINED SPACE (Bagian Sulphuric Acid Storage Tank PT. Petrokimia Gresik)

RATNA IKA SAFITRI, 100510491 H (2009) STUDI TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA KERJA MENGENAI RISIKO BAHAYA DAN PENGENDALIANNYA DI CONFINED SPACE (Bagian Sulphuric Acid Storage Tank PT. Petrokimia Gresik). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-safitrirat-10861-abstract-s.pdf

Download (691kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-safitrirat-10393-fkmhkk-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Confined space merupakan tempat kerja yang memiliki potensi bahaya yang besar terhadap timbulnya kecelakaan dan gangguan kesehatan tenaga kerja. Oleh karena itu diperlukan suatu pengetahuan yang baik mengenai bahaya-bahaya yang dapat timbul disana agar kecelakaan dapat diminimalisir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan safety officer dan pekerja mengenai risiko bahaya potensial dan upaya pengendaliannya di confined space bagian Sulphuric Acid storage tank PT. Petrokimia Gresik. Penelitian ini tergolong observasional dengan pendekatan waktu secara cross sectional. Data primer diperoleh melalui hasil interview dan kuisioner tentang potensi bahaya di confined space dan upaya pengendaliannya sedangkan data sekunder diperoleh dari perusahaan. Responden penelitian ini tiga orang safety officer dan sebelas pekerja yang terlibat langsung saat melakukan pekerjaan di confined space. Data yang diperoleh dianalisis secara deskiptif dengan menggunakan narasi dan tabel. Penelitian dilaksanakan mulai Pebruari sampai Juli 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan responden mengenai faktor fisik dan kimia tergolong sedang dan pengetahuan tentang upaya pengendalian tergolong baik.Pengetahuan dapat ditingkatkan dengan melakukan review kembali mengenai keefetifitasan training yang telah ada bagi pekerja yang bekerja di strorage tank khususnya mengenai materi dan metode yang digunakan serta tindak lanjut dari pengawasan yang telah dilakukan dalam hal penggunaan APD.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FKM HKK 56 / 08 Saf s
Uncontrolled Keywords: potensi bahaya dan upaya pengendalian, tingkat pengetahuan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
RATNA IKA SAFITRI, 100510491 HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 04 Nov 2009 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 05:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22256
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item