UPAYA PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN PADA BAGIAN DOCKING REPAIR DI PT. DOK dan PERKAPALAN SURABAYA

MOCHAMMAD HASIN DWI PRAJITNO, 100510485 H (2008) UPAYA PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN PADA BAGIAN DOCKING REPAIR DI PT. DOK dan PERKAPALAN SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-prajitnomo-10813-abstract-u.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-prajitnomo-10542-fkmhkk-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mempelajari upaya penanggulangan bahaya kebakaran pada bagian Docking repair di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (persero). Penelitian ini termasuk penelitian obsevasional, deskriftif dengan pendekatan waktu secara cross sectional. Sasaran dari penelitian ini adalah 3 orang petugas K3 dan 26 karyawan yang ada pada bagian docking repair di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (persero) untuk mendapatkan data tentang peran serta karyawan dalam upaya penanggulangan kebakaran. Variable yang diteliti meliputi : kebijakan manajemen perusahaan dibidang penggulangan kebakaran, potensi bahaya kebakaran, peran serta karyawan dalam upaya penanggulangan kebakaran. Mempelajari tentang Regu PMK dan Tim Network. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari data perusahaan. Waktu penelitian mulai bulan Mei hingga Juni 2008. Hasil penelitian menujukan bahwa kebjakan manajemen perusahaan dibidang penanggulangan kebakaran serta prosedur penanggulangan kebakaran sudah dibuat dan direalisasikan kepada karyawan. jenis peralatan dan media pemadam kebakaran belum lengkap serta penempatan peralatan kebakaran belum baik. Tingkat pengetahuan karyawan tentang penanggulangan kebakaran sangat tinggi. Di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (persero) tidak ada regu PMK tetapi yang ada hanya Tim Network. Disarankan untuk mencantumkan nomer telepon instansi yang berkaitan dengan kebakaran di semua unit sehingga dapat di hubungi apabila terjadi kebakaran atau keadaan darurat. Peralatan pemadaman yang kurang harus dilengkapi dan harus ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau oleh tenaga kerja. Dan semua tenaga kerja harus dilatih tentang kebakaran, serta membentuk Regu PMK atau petugas peran kebakaran yang bertugas menanggulangi dan mengkoordinasi bila terjadi kebakaran.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FKM HKK. 03/09 Pra u
Uncontrolled Keywords: Fire, preventing of fire
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMMAD HASIN DWI PRAJITNO, 100510485 HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto Suwandi, Prof., Dr., dr., M.OH., SpOkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Mar 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22276
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item