ANALISIS RENDAHNYA KUNJUNGAN POLI UMUM, POLI KIA/KB DAN POLI GIGI PUSKESMAS PULAU TELO KABUPATEN KAPUAS

S U W O N O T O, 100730339 (2009) ANALISIS RENDAHNYA KUNJUNGAN POLI UMUM, POLI KIA/KB DAN POLI GIGI PUSKESMAS PULAU TELO KABUPATEN KAPUAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-suwonoto-12948-fkm141-k.pdf

Download (307kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-suwonoto-11058-fkm141-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu fungsi Puskesmas adalah sebagai pusat untuk memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, terpadu dan bermutu kepada masyarakat dalam rangka memelihara dan melindungi kesehatan masyarakat. Kebutuhan individu untuk memanfaatkan layanan kesehatan dipengaruhi secara langsung oleh variabel psikologi (selera, persepsi sehat-sakit, harapan, persepsi terhadap provider), karakteristik individu (umur,jenis kelamin). Faktor yang tidak langsung adalah faktor sosio-ekonomi dan budaya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis rendahnya kunjungan pasien umum di Puskesmas Pulau Telo. Penelitian ini merupakan penelitian observasional atau survey analitik. Penelitian dilakukan terhadap 47 orang pasien yang berkunjung ke Poli Umum, Poli KIA/KB, Poli Gigi Puskesmas Pulau Telo. Variabel yang diteliti adalah karakteristik pasien, kebutuhan dan harapan pelayanan, persepsi sehat sakit, mutu pelayanan Puskesmas, motivasi, jarak dan transportasi. Ditemukan ketidakpuasan pasien pada jam mulai pelayanan dan perhatian petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Kebutuhan dan harapan pasien terhadap pelayanan dokter dan dokter gigi belum terpenuhi. Persepsi pasien tentang sakit sebagian besar karena capek kerja dan kuman, pasien mengobati sendiri penyakitnya sebelum ke Puskesmas. Motif utama pasien berobat ke Puskesmas Pulau Telo karena jarak yang dekat. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah rendahnya kunjungan Poli Umum, Poli KIA/KB, Poli Gigi Puskesmas Pulau Telo disebabkan karena adanya ketidakpuasan pasien terhadap atribut mutu Puskesmas, jam buka pelayanan, ketidaktersediaan dokter di Poli Umum dan Dokter gigi di Poli Gigi. Motif berobat ke Puskesmas karena jarak yang dekat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 141 / 09 Suw a
Uncontrolled Keywords: Characteristics of patient, Perception of health-sickness, Service Quality of Health Center.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
S U W O N O T O, 100730339UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. Supriyanto, Prof., Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Jul 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 12:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22339
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item