ANALISIS PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM KEBERHASILAN PROGRAM COMMUNITY LED TOTAL SANITATION (CLTS) (Studi Kasus di Dusun Sidorejo Desa Purworejo Kecamatan Senduro dan Dusun Darung Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang)

Salis Kurnia Rahmawati, 100411385 (2009) ANALISIS PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM KEBERHASILAN PROGRAM COMMUNITY LED TOTAL SANITATION (CLTS) (Studi Kasus di Dusun Sidorejo Desa Purworejo Kecamatan Senduro dan Dusun Darung Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-rahmawatis-11531-fkm212-9.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-rahmawatis-11531-fkm212-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dusun Sidorejo Desa Purworejo Kecamatan Senduro dan Dusun Darung Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung merupakan dusun yang menjadi sasaran program CLTS di Kabupaten Lumajang. Masyarakat Dusun Sidorejo berhasil merubah perilaku BAB sembarangan sehingga menjadi BAB di jamban, sedangkan masyarakat Dusun Darung hingga penelitian ini selesai belum berhasil merubah perilaku BAB sembarangan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari proses CLTS dan perbedaan penerapan indikator peran serta masyarakat di dua dusun. Penelitian ini merupakan penelitan observasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas penelitian adalah proses CLTS, kepemimpinan dan pengorganisaian, pembiayaan serta pemanfaatan jamban. Populasi penelitian adalah seluruh KK di Dusun Sidorejo dan Darung. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 146 KK yang terbagi dalam dua dusun yang diambil dengan simple random sampling. CLTS merupakan proses untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam menolong dirinya sendiri dengan menstimulus masyarakat untuk BAB di jamban. Indikator kepemimpinan dan pengorganisasian di dua dusun masuk kategori sedang, Indikator pembiayaan masyarakat di Sidorejo sebagian besar masuk kategori tinggi (34%) sedangkan di Darung (53%) masuk kategori pembiayaan rendah. Indikator pemanfaatan jamban di Sidorejo 100% dalam kategori tinggi, sedangkan di Darung tingkat pemanfaatan jamban (67%) masih rendah. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah keberhasilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 212/09 Rah a
Uncontrolled Keywords: CLTS, Indikator peran serta masyarakat, BAB di jamban
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku
Creators:
CreatorsNIM
Salis Kurnia Rahmawati, 100411385UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOedojo Soedirham, dr., M.PH., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 21 Sep 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 11:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22380
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item