DESKRIPSI JABATAN DAN SPESIFIKASI JABATAN PERAWAT PELAKSANA UNIT RAWAT INAP BERDASARKAN ANALISIS JABATAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH SURABAYA

RUDI UTOMO, 1010730367 (2009) DESKRIPSI JABATAN DAN SPESIFIKASI JABATAN PERAWAT PELAKSANA UNIT RAWAT INAP BERDASARKAN ANALISIS JABATAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-utomorudi-13492-fkm249-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-utomorudi-11638-fkm249-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perawat merupakan personel yang pertama kali berhadapan dengan pasien dan yang paling lama berhubungan dengan pasien, oleh karenanya pelaksanaan peran dan kualitas perawat sangat menentukan citra dan kinerja rumah sakit. Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya adalah rumah sakit Tipe D yang berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah dengan kapasitas 50 tempat tidur, memiliki 11 tenaga perawat yaitu sebanyak 13,5 % dari seluruh tenaga yang ada di RS Muhammadiyah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan perawat pelaksana unit rawat inap berdasarkan analisis jabatan di RS Muhammadiyah Surabaya. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana unit rawat inap RS Muhammadiyah Surabaya yang memiliki latar belakang pendidikan diploma tiga akademi keperawatan. Adapun cara mendapatkan informasi tersebut melalui wawancara terstruktur. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain: (1) Informasi jabatan jabatan didalam deskripsi jabatan perawat pelaksana unit rawat inap RS Muhammadiyah Surabaya meliputi ikhtisar jabatan, tugas (sehari-hari, berkala dan tugas dengan interval waktu yang tidak beraturan), kondisi lingkungan, resiko kerja, peralatan kerja, wewenang, tanggung jawab, ukuran sukses, kesalahan fatal dan koordinasi kerja. (2) Informasi jabatan dalam spesifikasi jabatan perawat pelaksana unit rawat inap RS Muhammadiyah Surabaya meliputi pendidikan, pengalaman kerja yang harus dimiliki oleh perawat pelaksana dan karakteristik pribadi perawat pelaksana (penegetahuan, sikap dan perilaku).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 249 / 09 Uto d
Uncontrolled Keywords: Job analysis, job description, job specification
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RUDI UTOMO, 1010730367UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita D, Dr., drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 06 Oct 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 13:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22429
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item