PERBEDAAN POLA PENGGUNAAN SUPLEMEN PADA LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI DAN DI LUAR PANTI (Studi di Panti Hargo Dedali dan Wilayah Kerja Puskesmas Menur)

Septi Dwi Jayanti, 100511725 (2009) PERBEDAAN POLA PENGGUNAAN SUPLEMEN PADA LANSIA YANG TINGGAL DI PANTI DAN DI LUAR PANTI (Studi di Panti Hargo Dedali dan Wilayah Kerja Puskesmas Menur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-jayantisep-12842-fkm268-k.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-jayantisep-11651-fkm268-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan suplemen makanan merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit infeksi dan menjaga tubuh lansia tetap sehat beraktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pola penggunaan suplemen makanan yang terjadi pada lansia perempuan yang tinggal di panti dengan yang tinggal di luar panti. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sampel sebanyak 31 lansia perempuan pengguna suplemen di panti dan lansia di luar panti. Variabel yang diteliti adalah jenis suplemen makanan, frekuensi penggunaan suplemen makanan, lama konsumsi suplemen makanan, asupan suplemen makanan, karakteristik lansia, ketersediaan suplemen makanan, manfaat konsumsi suplemen makanan, tujuan mengkonsumsi suplemen makanan, pengetahuan mengenai suplemen makanan, faktor pendorong dan karakteristik tempat tinggal lansia perempuan. Data dianalisis dengan uji Mann-Whitney (α= 5%). Pengujian perbedaan penggunaan suplemen pada lansia perempuan di panti dan di luar panti dengan tabulasi silang, menunjukkan tidak adanya perbedaan pola penggunaan suplemen makanan pada lansia perempuan yang tinggal di panti dan di luar panti (p>0,05). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan pola penggunaan suplemen makanan (jenis, frekuensi, lama konsumsi dan asupan) pada lansia perempuan yang tinggal di panti dengan lansia yang tinggal di luar panti. Sehingga peranan keluarga sebagai faktor yang mempengaruhi kondisi kesehatan lansia dapat digantikan oleh peranan panti dalam memenuhi kebutuhan suplemen lansia, khususnya lansia perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 268/09 Jay p
Uncontrolled Keywords: LANSIA PEREMPUAN; POLA PENGGUNAAN SUPLEMEN; PANTI; LUAR PANTI
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1450-1494 Aged
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Septi Dwi Jayanti, 100511725UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnnis Catur Adi, Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 07 Oct 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 13:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22433
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item