ISU STRATEGIS KEBERADAAN AGEN PELAYANAN KESEHATAN LUAR NEGERI DI SURABAYA

Reni Kurniasari, 100511785 (2009) ISU STRATEGIS KEBERADAAN AGEN PELAYANAN KESEHATAN LUAR NEGERI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-kurniasari-12829-fkm263-k.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-kurniasari-11671-fkm263-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasien Indonesia yang berobat ke luar negeri terus meningkat. Januari hingga Juni 2004, 50 pasien perhari berobat ke Malaysia. Total biaya yang dikeluarkan mencapai 400 juta dollar AS pertahun. Larinya pasien ke luar negeri dipengaruhi adanya agen sebagai perantara. Tujuan penelitian ini adalah menemukan isu strategis yang berkaitan dengan agen pelayanan kesehatan luar negeri di Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survei menggunakan pendekatan semi kualitatif. Unit analisis terdiri atas agen pelayanan kesehatan luar negeri, masyarakat pemakai jasa agen serta masyarakat umum. Pengambilan data agen dan masyarakat pemakai jasa agen menggunakan metode snow ball, sedangkan data masyarakat umum diambil dengan purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dianalisis dengan mengkategorikan jawaban yang sama dalam bentuk transkrip dan diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan agen pelayanan kesehatan luar negeri yang ada di Surabaya berjumlah 8, terdiri atas dokter, Rumah Sakit, Lab. klinik, Medical agent dan 4 perwakilan sarana kesehatan di luar negeri. Pelayanan agen adalah mencarikan dan membuatkan janji dengan dokter, mengirim medical record dan mengurus akomodasi pasien. Masyarakat menilai keberadaan agen penting dan bermanfaat sebagai sumber informasi bagi pasien yang berobat ke luar negeri. Dalam menjalankan usahanya, agen mengalami kendala birokrasi dan belum merasa membutuhkan perijinan serta perlindungan hukum. Agen berharap usahanya dapat berkembang. Terkait intervensi pemerintah, agen dianggap sebagai kompetitor. Kesimpulan penelitian ini, isu strategis agen pelayanan kesehatan luar negeri yang berada di Surabaya belum memiliki ijin serta perlindungan hukum, namun masyarakat menilai agen penting dan bermanfaat sehingga pemerintah perlu membuatkan regulasi yang mengatur agen sebagai acuan dalam melakukan pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 263/09 Kur i
Uncontrolled Keywords: AGEN, PELAYANAN KESEHATAN, ISU STRATEGIS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Reni Kurniasari, 100511785UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J.P, dr, M.S, M.PH, Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 11 Oct 2010 12:00
Last Modified: 06 Oct 2016 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22438
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item