APLIKASI TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET TERHADAP METODE PENDIDIKAN KESEHATAN ANAK USIA TUJUH TAHUN BERUPA LEARNING BY DOING

XENIXIA PRATITA REKSIWATI, 100810380 (2013) APLIKASI TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET TERHADAP METODE PENDIDIKAN KESEHATAN ANAK USIA TUJUH TAHUN BERUPA LEARNING BY DOING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-reksiwatix-26236-5.abst-k.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan kesehatan pada anak sering kali menggunakan pendidikan satu arah tanpa membuat anak membangun skema berpikir serta mengalami secara langsung materi yang diajarkan sehingga materi ajar cepat dilupakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan yang terjadi pada siswa dengan metode learning by doing dan mengetahui resistensinya. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan eksperimental cross sectional dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tes prestasi dibagikan kepada 72 siswa sekolah dasar yang berusia tujuh tahun untuk dijawab secara lisan maupun tertulis. Variabel bebas peneliti adalah tingkat pengetahuan, perubahan berpikir intuitif, perubahan berpikir logis. Peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar dengan metode learning by doing tidak berbeda jauh dengan siswa dengan metode classical. Beberapa materi yang sering ditayangkan ditelevisi tingkat pengetahuan siswa dengan metode learning by doing lebih tinggi, hanya untuk materi seperti sampah dan jentik nyamuk nilai pengetahuan siswa dengan metode classical lebih tinggi. Namun secara resistensi, materi yang diajarkan lebih lama diingat oleh siswa dengan metode learning by doing. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapatnya perbedaan yang berarti antara kedua metode ajar serta cukup bagusnya tingkat resistensi pada siswa dengan metode ajar learning by doing. Pemberian materi ajar sebaiknya bukan materi yang sering ditayangkan di media elektronik sehingga dapat diketahui secara efektif metode ajar yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 11/13 Rek a
Uncontrolled Keywords: HEALTH ADUCATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
XENIXIA PRATITA REKSIWATI, 100810380UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoh. Zainal Fatah,, Drs., M.S., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jul 2013 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 05:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22465
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item