RISK ASSESSMENT PADA PEKERJAAN PEMBERSIHAN (CLEANING) BOILER DI PT. INDONESIA TRI SEMBILAN

YEYEN PRIANGGORO, 101011282 (2013) RISK ASSESSMENT PADA PEKERJAAN PEMBERSIHAN (CLEANING) BOILER DI PT. INDONESIA TRI SEMBILAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-prianggoro-26264-5.abst-k.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembentukan kerak pada boiler akan mengurangi daya hantar panas dan menyebabkan kerugian, karenanya kerak yang terbentuk harus segera dibersihkan. Pembersihan (cleaning) boiler mempunyai potensi bahaya fisik, kimia, dan psikososial, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian risikopada pekerjaan pembersihan boiler Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain studi cross sectional. Observasi lapangan dilakukan pengamatan terhadap sumber bahaya, dan upaya pengendalian. Wawancara dilakukan kepada pekerja maupun petugas Environment, Health, and Safety. Pengukuran risiko menggunakan metode semi kuantitatif. Identifikasi bahaya fisik, kimia, dan psikososial didapatkan 12 potensi bahaya dan 32 risiko. Hasil dari analisis risiko pembersihan (cleaning) boiler didapatkan 13 risiko memiliki tingkat risiko tinggi, 15 risiko tingkat sedang, dan 4 risiko tingkatringan. Pengendalian risiko di dapatkan 8 nilai pengendalian sedang, dan 24 nilaipengendalian rendah. Risiko sisa pada pekerjaan pembersihan (cleaning) boiler sebanyak 21 risiko yang masih memerlukan tindakan perbaikan, sedangkan 11 risikomempunyai pengendalian yang sudah baik. Disarankan agar perusahaan Membuat instruksi kerja (work instruction) tentang pekerjaan pembersihan (cleaning) boiler dan juga prosedur work permit yang mengatur tentang ruang terbatas (confined space), melakukan pengukuran terhadap kadar oksigen suhu kering, suhu basah, suhu bola, kebisingan, pencahayaan, dan kadar debu silica, melakukan inspeksi secara berkala terhadap peralatan elektrik terutama kabel listrik, mengganti lampu penerangan dengan tegangan yang lebih rendah (maksimum 50 volt).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 16/13 Pri r
Uncontrolled Keywords: RISK ASSESSMENT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
YEYEN PRIANGGORO, 101011282UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto, W, Dr. , Ir,. M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jul 2013 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 06:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22470
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item