EVALUASI PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DI RUMAH SAKIT PHC SURABAYA

Henny Diah Anggeany, 100830256 (2011) EVALUASI PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DI RUMAH SAKIT PHC SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-anggeanyhe-17317-fkm246--k.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-anggeanyhe-14468-fkm246--e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan rumah sakit merupakan penyumbang limbah medis dan non medis. Rumah sakit PHC Surabaya menghasilkan limbah medis padat yang berkategori limbah infeksius dan limbah benda tajam. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengelolaan limbah medis padat rumah sakit. Jenis penelitian ini deskriptif. Populasi penelitian adalah semua petugas kebersihan dan pengunjung Rumah Sakit PHC. Sampel penelitian menggunakan random sampling 32 petugas dan 84 pengunjung. Hasil dari penelitian ini adalah jenis limbah medis dengan kategori limbah infeksius, jumlah tempat limbah medis di setiap ruangan sudah memenuhi syarat, tahap penimbulan disetiap ruangan sudah tidak terdapat masalah karena limbah yang dihasilkan sudah diadakan pemilahan sebelum diangkut atau dipindah ke tempat penyimpanan setempat, penampungan sampah sementara sudah memenuhi syarat kesehatan, tempat penampungan sampah sementara sudah memenuhi syarat kesehatan, proses pembuangan akhir limbah padat bekerja sama dengan pihak luar. Kesimpulan limbah yang dihasilkan berkategori limbah infeksius, Pemusnahan limbah padat infeksius, sitoloksis, dan farmasi yang terjadi di Rumah Sakit PHC Surabaya melakukan kerja sama dengan pihak lain yaitu dengan PT. SIER, tahap penampungan dan pengumpulan serta pengakutan limbah medis sudah sesuai dengan KEPMENKES RI No. 1204/MENKES/SK/X/2004, belum tersedia incenerator, limbah farmasi dilakukan dikembalikan kepada distributor, dampak yang dirasakan petugas salah satunya adalah tertusuk jarum suntik. Disarankan melengkapi fasilitas untuk pengelolaan limbah medis padat seperti Incenerator sebagai pemusnahan limbah medis padat yang dihasilkan dan autoclave sebagai seterilisasi peralatan medis yang telah digunakan, setelah pengosongan limbah tempat penampungan sementara dan alat angkut segera didesinfeksi didalam upaya pencegahan terjadinya penularan penyakit akibat limbah medis padat yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 246/10 Ang e
Uncontrolled Keywords: MEDICAL WASTES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Henny Diah Anggeany, 100830256UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCorie Indria Prasasti, SKM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 29 Mar 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 20:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22491
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item