ANALISIS PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN CAKUPAN RUMAH TANGGA BER-PHBS DI PUSKESMAS ALOON-ALOON GRESIK (Berdasarkan Studi Benchmarking di Puskesmas Kebomas Gresik)

NOER ASLICHAH, 100710205 (2011) ANALISIS PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN CAKUPAN RUMAH TANGGA BER-PHBS DI PUSKESMAS ALOON-ALOON GRESIK (Berdasarkan Studi Benchmarking di Puskesmas Kebomas Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-aslichahno-20674-fkm189-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-aslichahno-17343-fkm189-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program PHBS rumah tangga merupakan program primer dari Puskesmas yang melibatkan bidan desa dan kader untuk melakukan pemberdayaan masyarakat agar dapat tercipta masyarakat yang mandiri dan sadar akan PHBS. Cakupan rumah tangga ber-PHBS di Puskesmas Aloon-Aloon Gresik pada tahun 2008, 2009, 2010 rendah Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis proses pemberdayaan dalam program PHBS rumah tangga di Puskesmas Aloon-Aloon berdasarkan hasil benchmarking dengan Puskesmas Kebomas. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan metode benchmarking antara Puskesmas yang memiliki cakupan rumah tangga ber-PHBS rendah dengan Puskesmas yang memiliki cakupan tinggi. Responden dalam penelitian ini adalah 11 orang petugas PHBS dari tiap Puskesmas dan 22 orang kader dari tiap Puskesmas. Variabel yang diteliti adalah karakteristik responden yang terdiri dari sikap, pelatihan yang diterima, dan motivasi, dan beberapa variabel dari proses pemberdayaan, yaitu kognisi, keyakinan, pelatihan yang diberikan, restrukturisasi organisasi, sistem nilai, dan pendayaan. Hasil benchmarking dengan Puskesmas Kebomas menunjukkan kader di Puskesmas Aloon-Aloon memiliki motivasi terhadap pekerjaan yang rendah, pelatihan yang diberikan kepada masyarakat oleh kader yang rendah, dan pendayaan yang dilakukan oleh keder juga rendah. Dukungan oleh pihak Puskesmas terhadap program dan pelatihan yang memadai kepada kader diharapkan dapat meningkatkan proses pemberdayaan oleh kader sehingga dapat meningkatkan cakupan rumah tangga ber-PHBS di wilayah Puskesmas Aloon- Aloon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 189 / 11 Asl a
Uncontrolled Keywords: empowerment, household clean and healthy behavior, benchmarking
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA407-409.5 Health status indicators. Medical statistics and surveys
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NOER ASLICHAH, 100710205UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM ., M. Kes .UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 08 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 21:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23018
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item