HUBUNGAN ANTARA PREDISPOSING, ENABLING DAN REINFORCING FACTORS DENGAN UNSAFE ACTION (Studi di PT. Waskita Karya (Persero) Pada Proyek Pengembangan Bandara Internasional Juanda Surabaya)

YUSNIAR D. HAPSARI, 101111294 (2013) HUBUNGAN ANTARA PREDISPOSING, ENABLING DAN REINFORCING FACTORS DENGAN UNSAFE ACTION (Studi di PT. Waskita Karya (Persero) Pada Proyek Pengembangan Bandara Internasional Juanda Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan konstruksi memberikan kontribusi penting dalam pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi terbesar dalam kecelakaan kerja di Indonesia. Sebanyak 32 % kecelakaan kerja terjadi di sektor konstruksi dan 80% disebabkan karena tindakan tidak aman. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari hubungan antara predisposing, enabling dan reinforcing factors dengan unsafe action di Proyek Pembangunan Bandara Internasional Juanda – PT. Waskita Karya Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini (60 orang) diambil dengan cara simple random pada 105 orang tenaga kerja di unit finishing. Variabel penelitian adalah Predisposing factor (umur, tingkat pendidikan, masa kerja, pengetahuan, sikap), Enabling factor (penyediaan APD), Reinforcing factor (kebijakan K3, pengawasan). Pengambilan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Hubungan diuji dengan uji Rank Spearman (rs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki unsafe action rendah atau berperilaku aman sebesar 78,3%. Terdapat hubungan antara predisposing factors yaitu pengetahuan (rs=0,031) dengan unsafe action. Terdapat hubungan antara reinforcing factor yaitu kebijakan K3 (rs= 0,003) dengan unsafe action. Disimpulkan bahwa semakin buruk persepsi responden tentang kebijakan K3, maka semakin banyak yang berperilaku tidak aman. Untuk mengurangi unsafe action maka perlu diadakan penyegaran kembali, pengawasan secara konsisten, mengadakan safety talk sebelum bekerja dan safety sign, serta menyediakan APD yang sesuai dengan persyaratan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 84/13 Hap h
Uncontrolled Keywords: predisposing factors, enabling factor
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
YUSNIAR D. HAPSARI, 101111294UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr ., M.kesUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 07 Nov 2013 12:00
Last Modified: 13 Aug 2016 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23125
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item