EVALUASI PELAKSANAAN PENEMUAN KASUS AVIAN INFLUENZA BERDASARKAN IHR(2005) DI WILAYAH KERJA KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS III SAMPIT TAHUN 2012

Dewi Nurita, 101111334 (2013) EVALUASI PELAKSANAAN PENEMUAN KASUS AVIAN INFLUENZA BERDASARKAN IHR(2005) DI WILAYAH KERJA KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS III SAMPIT TAHUN 2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
23139_Part1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
23139_Part2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
23139_Part3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Avian Influenza telah mewabah di banyak negara di dunia. Sejak tahun 2005 sampai bulan Desember 2012, Indonesia mencapai 192 kasus dengan 160 kematian. Deteksi dini sangat penting untuk mencegah penyebaran kasus ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penemuan kasus Avian Influenzadi wilayah kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Sampit berdasarkan IHR (2005). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observational. Dengan komponen input, process dan output yangdianalisis secara kualitatif. Data yang tersedia diperoleh melalui wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah petugas boarding dan Kepala Seksi Pengendalian Karantina Surveilans Epidemiologi. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya tenaga dalam pelaksanaan penemuan kasus Avian Influenza. Kurangnya ketersediaan sarana dan prasaran untuk mendukung deteksi dini kasus Avian Influenza berupa ruang isolasi, Quarantine Health Clearance Speed Boad Quarantina, Health Quarantine Evakuasi, Penyakit Menular Personal Protective, diagnostic test dan laboratorium sederhana. Petugas tidak selalu melakukan pemeriksaan fisik terhadap awak kapal. Pencatatan dan pelaporan telah berjalan dengan baik melalui adanya laporan bulanan melalui SIM Kespel dan LAKIP sebagai laporan tahunan. Untuk mencapai implementasi program deteksi dini kasus Avian Influenza, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Sampit disarankan utuk menambah jumlah tenaga kerja dan meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan teknis serta selalu melaksanakan pemeriksaan fisik terhadap awak kapal sebagai upaya untuk deteksi dini kasus Avian Influenza di atas kapal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 98/13 Nur e
Uncontrolled Keywords: Avian Influenza
Subjects: R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Dewi Nurita, 101111334UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucia Yovita Hendrati, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Nov 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 19:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23139
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item