IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA, PENILAIAN DAN PENGENDALIAN RISIKO PADA PEKERJAAN PENGGERINDAAN DI PT LINTECH DUTA PRATAMA SURABAYA

INKA AULIA ROCHMAWATI, 100911042 (2013) IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA, PENILAIAN DAN PENGENDALIAN RISIKO PADA PEKERJAAN PENGGERINDAAN DI PT LINTECH DUTA PRATAMA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerjaan Penggerindaan memiliki banyak potensi bahaya yang cukup tinggi, terutama dengan kurangnya kesadaran pekerja gerinda dan cukup tingginya angka kecelakaan dari pekerjaannya. Oleh karena itu perlu dilaksanakan identifikasi potensi bahaya dan penilaian risiko yang bisa digunakan dalam perencanaan tindakan pengendalian maupun pemulihan kecelakaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan melakukan penilaian risiko pada pekerjaan penggerindaan di PT. Lintech Duta Pratama Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan disain studi cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan observasi lapangan mengenai tahapan pekerjaan, sumber bahaya dan pengendalian bahaya. Wawancara dilakukan kepada pekerja maupun petugas K3 dan penilaian risiko dilakukan dengan metode semikuantitatif. Identifikasi potensi bahaya pada pekerjaan penggerindaan didapatkan 11 jenis potensi bahaya dari 3 jenis pekerjaan penggerindaan dengan gerinda tangan, gerinda baby dan gerinda potong. Hasil evaluasi risiko didapatkan 3 risiko dengan tingkat priority 1, 6 risiko dengan tingkat substansial, 3 risiko dengan tingkat priority 3 dan 3 risiko dengan tingkat acceptable. Penerapan pengendalian risiko didapatkan hasil 5 pengendalian diimplementasikan dengan baik, 5 pengendalian diimplementasikan sebagian, 1 pengendalian diimplementasikan <50%, 1 pengendalian diimplementasikan dengan lemah. Penilaian risiko sisa didapatkan risiko sisa tertinggi dengan nilai 67 dan risiko sisa terendah dengan nilai 1,5. Kesimpulan bahwa terdapat 10 potensi bahaya pada pekerjaan penggerindaan. APD merupakan teknik pengendalian yang paling diterapkan. Kebisingan menghasilkan risiko sisa tertinggi. Disarankan dilakukan pemasangan pelindung roda serta handle dan instruksi kerja dijalankan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 120/13 Roc i
Uncontrolled Keywords: risk control
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
INKA AULIA ROCHMAWATI, 100911042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMulyono, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item