REKOMENDASI UPAYA PENINGKATAN PENCAPAIAN AKSEPTOR KB BERDASARKAN ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KABUPATEN WAKATOBI(Studi di Puskesmas Wangi-wangi Selatan dan Puskesmas Usuku)

IRAWATI, 100911221 (2013) REKOMENDASI UPAYA PENINGKATAN PENCAPAIAN AKSEPTOR KB BERDASARKAN ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KABUPATEN WAKATOBI(Studi di Puskesmas Wangi-wangi Selatan dan Puskesmas Usuku). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluarga berencana (KB) merupakan program nasional yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan, kesejahteraan ibu, anak dan keluarga khususnya serta bangsa pada umumnya. Penelitian ini difokuskan pada pencapaian program Keluarga Berencana (KB) di Puskesmas Wangi-wangi Selatan dengan pencapaian (62,2%) yang masih dibawah pencapaian Puskesmas usuku (92,4%). Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi upaya peningkatan pencapaian akseptor KB berdasarkan analisis program keluarga berencana di Puskesmas Wangi-wangi Selatan dan Puskesmas Usuku. Penelitian ini merupakan penelitian terapan sedangkan jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah evaluasi dan benchmarking, dilaksanakan pada bulan April-Mei 2013. Unit analisis adalah organisasi yaitu Puskesmas Wangiwangi Selatan dan Puskesmas Usuku dan sumber informasinya adalah Kepala Puskesmas, Bidan Koordinator dan Bidan. Data diperoleh dari hasil wawancara responden melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa Sarana Prasarana di Puskesmas Wangi-wangi Selatan dan Puskesmas Usuku terkategori baik, Public Private Partnership terkategori kurang baik, Strategi Program Pelayanan KB terkategori kurang baik di Puskesmas Wangi-wangi Selatan, Proses Manajemen seperti Perencanaan dan Supervisi terkategori baik. Namun Pelaksanaan terkategori kurang baik di Puskesmas Wangi-wangi Selatan serta KIE dan Pelatihan pelayanan program KB terkategori baik. Sedangkan Output meliputi akses pelayanan dan kualitas pelayanan terkategori kurang baik di Puskesmas Wangiwangi Selatan. Akan tetapi di Puskesmas Usuku terkategori baik berdasarkan perhitungan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi untuk Puskesmas Wangiwangi Selatan dan juga Puskesmas Usuku. Rekomendasi berupa (1) penetapan Public Private Partnership, (2) Perbaikan Strategi Program Pelayanan KB, (3) Perbaikan dan kesesuaian Pelaksanaan Program Pelayanan KB, (4) Perbaikan dan pengembangan Perencanaan Pelayanan Program KB (5) Perbaikan mekanisme dan frekuensi Supervisi Pelayanan Program KB, dan (6) Pengembangan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) pelayanan program KB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 137/13 Ira r
Uncontrolled Keywords: Family Planning Program
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG133-137.6 Conception. Artificial insemination. Contraception
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
IRAWATI, 100911221UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 05:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23178
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item