ANALISIS NEED DAN DEMAND BERDASARKAN KUNJUNGAN POLI UMUM DI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU KABUPATEN BANGKALAN

ICKO FEBIANSARI, 100911012 (2013) ANALISIS NEED DAN DEMAND BERDASARKAN KUNJUNGAN POLI UMUM DI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU KABUPATEN BANGKALAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
23206.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kunjungan poli umum dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain faktor predisposisi, faktor pendorong, kebutuhan, maupun faktor organisasi. Rata-rata penurunan kunjungan pasien poli umum di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu dari tahun 2009 – 2012 sebesar 26,05%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berdasarkan need dan demand berdasarkan kunjungan poli umum di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2013 bersifat deskriptif. Penelitian ini termasuk cross sectional dengan jumlah responden 100 orang dari 4 kelurahan yang berada di radius 3 km dari RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu. Metode sampling yang digunakan adalah non random sampling. Jenis teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden di sekitar RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu mayoritas berusia 43 tahun. Responden paling banyak 34% lulusan SMA dan bekerja sebagai pedagang. Semua responden memiliki normative need yang positif artinya semua responden membutuhkan pelayanan kesehatan. Keinginan responden terhadap pelayanan kesehatan tergantung tingkat keparahan. Secara deskriptif karakteristik responden yang meliputi faktor demografi meliputi umur, jenis kelamin, status menikah, pekerjaan, faktor struktur sosial terdiri dari pendidikan dan pendapatan, faktor sosial psikologis yang terdiri dari sikap, persepsi sehat sakit, penilaian atau persepsi terhadap poli umum, faktor pendorong yang terdiri dari pendapatan dan kepemilikan asuransi serta tingkat keparahan berpengaruh terhadap demand. Saran untuk rumah sakit yaitu membuat diferensiasi pada jam pelayanan serta peningkatan kualitas pelayanan, kemudian diadakan program pemasaran eksternal dalam menghadapi pesaing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 165/13 Feb a
Uncontrolled Keywords: general clinic�s visit, hospital
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ICKO FEBIANSARI, 100911012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Nov 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23206
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item