RISK ASSESSMENT PADA PEKERJAAN PENGELASAN SHIELD METAL ARC WELDING (SMAW) HEADER CELL DI PT X SURABAYA

GAMASIANO ALFIANSYAH, 100911177 (2013) RISK ASSESSMENT PADA PEKERJAAN PENGELASAN SHIELD METAL ARC WELDING (SMAW) HEADER CELL DI PT X SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 183-13 Alf r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi bahaya merupakan suatu kondisi dimana terdapat kemungkinan untuk menyebabkan kecelakaan atau cidera pada manusia. Proses pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW) header cell yang tidak aman menimbulkan risiko bagi para pekerja untuk mengalami kecelakaan kerja. Risiko terjadinya kecelakaan kerja perlu dikendalikan agar tidak membahayakan bagi tenaga kerja. Tujuan umum dari penelitian ini adalah melakukan risk assessment pada pekerjaan pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW) header cell heat recovery steam generator (HRSG) di PT X. Penelitian dilakukan secara observational dengan menggunakan rancangan cross sectional dan dianalisis secara deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer berdasarkan hasil observasi dan wawancara serta data sekunder yang diambil dari perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahaya tertinggi yang teridentifikasi pada pekerjaan pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW) adalah kesalahan menghubungkan kabel ke pesawat las, kebakaran, ledakan, dan putaran roda gerinda. Penilaian risiko, didapatkan 22 risiko tinggi dan 10 risiko sedang. pengendalian risiko yang dilakukan yaitu pengendalian secara teknik, pengendalian secara administratif, dan menggunakan APD. Penilaian risiko sisa, didapatkan 1 risiko sangat tinggi, 8 risiko tinggi, dan 22 risiko di bawah kontrol. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pengendalian risiko yang ada sudah bagus, namun kecelakaan yang terjadi akibat perilaku tidak aman dari para pekerja serta penerapan pengendalian risiko yang kurang baik sehingga perlu dilakukan pengawasan terhadap penerapan pengendalian risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 183/13 Alf r
Uncontrolled Keywords: Risk Assessment
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG9201-9245 Mutual life insurance. Assessment life insurance. Fraternal life insurance
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
GAMASIANO ALFIANSYAH, 100911177UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto W, Dr. ., Ir., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Nov 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 04:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23225
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item