HUBUNGAN HIGIENE PERORANGAN DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN PENYAKIT SKABIES SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SANTRI (Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Ulum Kecamatan Omben Kabupaten Sampang)

NURUL KOMARIYAH PRIHATINI, 101111333 (2013) HUBUNGAN HIGIENE PERORANGAN DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN PENYAKIT SKABIES SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SANTRI (Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Ulum Kecamatan Omben Kabupaten Sampang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 214-13 Pri h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skabies merupakan salah satu penyakit kulit yang masih sering dijumpai di Indonesia dan tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat. Sanitasi lingkungan yang tidak sehat serta higiene perorangan yang jelek dianggap sebagai faktor yang membantu penyebaran penyakit Skabies. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara higiene perorangan dan sanitasi lingkungan dengan kejadian skabies di Pondok Pesantren Darul Ulum Gersempal Kecamatan Omben Kabupaten Sampang dan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar santri. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan case control menggunakan pendekatan kuantitatif. Wawancara dilakukan pada 136 santri (68 kasus dan 68 kontrol). Subyek diambil dari populasi dengan cara simple random sampling. Wawancara mendalam dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam dari variabel-variabel yang diteliti. Variabel bebas penelitian adalah higiene perorangan, sanitasi lingkungan, kejadian skabies dan hasil belajar. Hasil pengujian secara keseluruhan menyatakan bahwa higiene perorangan berhubungan dengan skabies (p=0,000; OR=3,454). Dimana variabel pengujian hubungan ganda dengan multivariat case logistik regression menunjukkan bahwa variabel kebiasaan meminjam bantal/guling ketika tidur merupakan fator risiko yang paling kuat (p=0,000; OR=4,75). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah higiene perorangan memiliki hubungan dengan kejadian skabies. Tidak ada hubungan antara sanitasi lingkungan dengan kejadian skabies serta hasil belajar santri tidak dipengaruhi oleh skabies. Sehingga disarankan agar santri lebih menigkatkan higiene perorangan terutama menghindari perilaku saling meminjamkan bantal/guling ketika tidur agar terhindar dari skabies.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 214/13 Pri h
Uncontrolled Keywords: Personal hygiene
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NURUL KOMARIYAH PRIHATINI, 101111333UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarmaji, S.KM., M.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23255
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item