PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN IMAGE TERHADAP EKUITAS MEREK PADA LAPTOP LOKAL

INDAH TRIARIYATNI, 040631455 (2009) PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN IMAGE TERHADAP EKUITAS MEREK PADA LAPTOP LOKAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-triariyatn-11630-b10909-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-triariyatn-10593-b10909.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Country of origin image adalah memahami secara mendalam pengaruh dari made in...sebagai referensi konsumen terhadap persepsi tentang suatu barang. Sebagai hasil kesimpulan dari konsumen tentang atribut produk berdasarkan country of stereotype dan pengalaman tentang produk dari negara tersebut (Bruning, 1997). Country of origin dapat digunakan sebagai dasar strategi merek maupun positioning (Dzever & Quester, 1999). Ekuitas merek adalah sekumpulan aset merek dan liabilitas yang berhubungan dengan merek, bisa berupa nama, simbol, sebagai nilai tambah yang diberikan oleh produk atau jasa dari perusahaan atau pelanggan (Aaker, 1991: 15). Aaker (1991) menyatakan dimensi dari ekuitas merek terbagi menjadi lima macam diantaranya adalah, kesadaran merek, asosiasi merek, kualitas yang dirasakan, kesetiaan merek dan other propriety brand asset. Konsumen akan memilih merek berdasarkan country of origin, hal tersebut terjadi karena konsumen memiliki pengalaman atau keyakinan terhadap merek dari sebuah negara. Hal tersebut dapat mengarahkan pada loyalitas merek sehingga country of origin akan berpengaruh terhadap brand loyality pada kategori produk yang telah diketahui (Agarwal & Sikri, 1996). Informasi tentang country of origin akan berpengaruh terhadap perceived quality (Pappu et al, 2006) apabila sebuah merek berasal dari negara yang memiliki asosiasi kuat terhadap kategori produk, maka konsumen akan mempunyai persepsi baik terhadap kategori produk tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkatan perceived quality akan berbeda sesuai dengan country of origin dari sebuah merek (Kaynak and Cagusvil, 1983). Konsumen yang memiliki asosiasi country of origin akan berhubungan dengan brand associations dan berkontribusi terhadap ekuitas merek, hal tersebut akan terjadi ketika konsumen peduli terhadap merek dan mengingatnya secara kuat sebagai brand associations yang difavoritkan secara unik (Keller: 1993). Membangun asosiasi merek yang positiv dapat mempengaruhi kualitas yang dirasakan konsumen, hal tersebut dapat memperkuat kesetiaan konsumen terhadap merek (Huang, 2001). Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik laptop merek Indonesia sejumlah 100 responden dan dianalisis menggunakan uji path. Hasil penelitian menujukkan bahwa Variabel country of origin image akan berpengaruh terhadap asosiasi merek, kualitas yang dirasakan dan memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap kesetiaan merek, serta asosiasi merek akan mempengaruhi kualitas yang dirasakan, selanjutnya kualitas yang dirasakan akan mempengaruhi kesetiaan merek pemilik laptop merek lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KK-2 B 109/09 Tri p
Uncontrolled Keywords: Country of Origin Image, Asosiasi Merek, Kualitas yang Dirasakan dan Kesetiaan merek
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4538 Foreign investments
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800-8360 Electronics
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
INDAH TRIARIYATNI, 040631455UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hartini, Dr., SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 09 Apr 2010 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 01:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2330
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item