EFEKTIFITAS PENGGUNAAN KARTU MENUJU SEHAT (KMS) ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN PELAYANAN, MEMPERMUDAH PENDATAAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STATUS KESEHATAN DI POSYANDU.

ONNY PRISKILA, 101111318 (2013) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN KARTU MENUJU SEHAT (KMS) ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN PELAYANAN, MEMPERMUDAH PENDATAAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STATUS KESEHATAN DI POSYANDU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 273-13 Pri e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Memantau tumbuh kembang anak dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan melihat perubahan berat badan (BB). Perubahan berat badan (BB) merupakan salah satu indikator yang dapat dikatakan cukup sensitif untuk memantau tumbuh kembang anak. Salah satu cara untuk memantau kenaikan berat badan (BB) anak adalah dengan melihat Kartu Menuju Sehat (KMS). Pendataan yang dilakukan di posyandu setiap bulannya menggunakan KMS bersifat manual. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan sebuah program berupa “Kartu Menuju Sehat (KMS) Elektronik”, kemudian dilakukan uji coba kepada responden. Responden merupakan ibu kader dan ibu – ibu yang mempunyai balita yang ada di posyandu cemara III di JL. Ngagel tirto III. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif. Wawancara dilakukan untuk mengetahui respon responden mengenai E KMS Pada E KMS ada 4 form yang dibuat yaitu, form pilih, laki – laki, perempuan, dan form laporan. 100 % responden kader berpendapat bahwa E KMS mudah digunakan, dapat meningkatkan kecepatan pelayanan di posyandu, mempermudah proses pendataan bayi dan balita di posyandu, dan dapat digunakan untuk mengambil keputusan tentang status kesehatan balita. Pada responden pengasuh balita 85 % lebih menyukai E KMS dan 15 % lebih mneyukai KMS manual. Kesimpulan yang dapat ditarik responden berpendapat bahwa E KMS lebih baik dari KMS manual dan lebih disukai dibanding KMS manual. E KMS perlu dilengkapi dengan grafik dan jika memungkinkan menggunakan indikator yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 273/13 Pri e
Uncontrolled Keywords: speed of service in posyandu
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ONNY PRISKILA, 101111318UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArief Wibow, Dr.o, dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Dec 2013 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 07:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23314
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item