HIGIENE DAN SANITASI INDUSTRI RUMAH TANGGA TAPE SINGKONG DI KABUPATEN JEMBER

Dian Susanti, 100311156 (2007) HIGIENE DAN SANITASI INDUSTRI RUMAH TANGGA TAPE SINGKONG DI KABUPATEN JEMBER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-susantidia-5459-fkm210-k.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-susantidia-5459-fkm2107.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tape singkong merupakan salah satu produk unggulan di Kabupaten Jember yang berdaya konsumsi dalam jangka pendek. Industri rumah tangga tape singkong berperan dalam menyediakan produk yang higienis bagi masyarakat. Proses pembuatan tape singkong melibatkan mekanisme fermentasi yang sangat dipengaruhi oleh kebersihan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan metode observasi melalui lembar penilaian serta wawancara kepada pengusaha dan pekerja industri rumah tangga tape singkong. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kondisi higiene dan sanitasi industri rumah tangga tape singkong di Kabupaten Jember. Variabel yang diteliti meliputi sanitasi tempat pengolahan, sanitasi sarana dan proses pengolahan serta higiene karyawan. Dan hasil penelitian diperoleh bahwa 55,56% industri rumah tangga tape singkong di Kabupaten Jember memiliki kondisi sanitasi tempat pengolahan yang tergolong kriteria kurang. Sedangkan untuk kondisi sanitasi sarana dan proses pengolahan diperoleh hasil yaitu sebesar 77,78% industri rumah tangga tape singkong di Kabupaten Jember tergolong kriteria cukup. Sementara untuk kondisi higiene karyawan diperoleh hasil yaitu seluruh (100%) industri rumah tangga tape singkong di Kabupaten Jember tergolong kriteria kurang. Hasil penilaian ketiga variabel tersebut menunjukkan bahwa sebesar 66,67% industri rumah tangga tape singkong di Kabupaten Jember kondisi higiene dan sanitasinya tergolong cukup. Hasil penilaian juga dibuat peringkat berdasarkan tiap variabel dan subvariabel. Oleh sebab itu, disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Jember untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan rutin pada karyawan industri rumah tangga di Kabupaten Jember. Selain itu, hendaknya dilakukan pencatatan, penilaian dan pembinaan industri rumah tangga yang ada di Kabupaten Jember secara periodik. Dinas Perindustrian dan Perdagangan berperan dalam pemantauan produk. Bagi para pengusaha IRT disarankan untuk memperhatikan dan segera memperbaiki kelengkapan ruang produksi, peralatan yang digunakan, serta fasilitas higiene dan sanitasi yang digunakan selama proses pembuatan tape singkong. Mereka juga perlu meningkatkan upaya pengendalian hama, kebersihan karyawan dan memperbaiki pelabelan sehubungan dengan masa konsumsi tape singkong yang lebih singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 21/07 Sus h
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL HYGIENE; SANITATION; INDUSTRIAL HOUSING
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
T Technology > TX Home economics > TX301-339 The house.Including arrangement, care, servants
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Dian Susanti, 100311156UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYudhastuti, Ririh, Dr., drh., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 22 Nov 2007 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 15:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23376
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item