KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR MINUM DI WARUNG KUPANG KECAMATAN TANGGULANGIN DAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO

Laily Syafiatun (2006) KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR MINUM DI WARUNG KUPANG KECAMATAN TANGGULANGIN DAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-syafiatunl-1429-fkm.07_-t.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-syafiatunl-1429-fkm.07_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan mempertimbangkan keadaan sumber air permukaan dan air tanah dewasa ini baik ditinjau dari segi kuantitas maupun kualitas , terlihat adanya kemerosotan lingkungan menuju suatu keadaan yang lebih parah, Hal ini ditunjukkan seringnya terjadi kejadian luar biasa (KLB) Diare akibat sanitasi yang buruk. Kondisi ini juga dapat terjadi pada warung kupang. yang menyediakan kupang lontong dan minuman. Sering dijumpai adanya air minum yang tercemar E.coli akibat kondisi sanitasi dan lingkungan yang kurang sehat, meskipun air yang disediakan untuk minum telah direbus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas air minum secara bakteriologis di warung kupang, kecamatan Tanggulangin dan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian observasional ini bersifat analitik dengan rancangaan cross sectional. Sampel terdiri dari 14 warung kupang masing-masing 6 di Kec.Tanggulangin dan 8 di di Kec. Gedangan. Sampel air diambil dari air putih yang telah direbus dan disimpan di teko ,air yang disajikan berupa teh dan air degan yang dicampur dengan air putih dari teko untuk ditentukan kadar bakteri ( MPN Coliform per 100 ml air ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar bakteri E, coli pada air yang telah direbus dan disimpan di teko tidak berbeda dengan air yang disajikan untuk air minum. Kadar MPN Coliform per 100 ml sampel baik di teko maupun yang disajikan lebih tinggi dari normal (<2 MPN Coliform per 100 ml sampel ). Pada konsumen warung kupang khususnya dan masyarakat pada umumnya perlu waspada dalam mengkonsumsi air meski sudah direbus tapi kalau tempatnya menyimpan airnya kurang bersih dapat terkontaminasi dengan bakteri E.coli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.07/06 Lai k
Uncontrolled Keywords: Bacteria quality, drinking water, kupang food stalls
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Laily SyafiatunNIM100231121-1
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dr. H.J. Mukono, dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 14 Jul 2006 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 19:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23459
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item