Anna, 100431557
(2006)
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN KUNJUNGAN PASIEN NON GAWAT DARURAT BERDASARKAN HARAPAN DAN PENILAIAN PASIEN DI UNIT GAWAT DARURAT (Studi Kasus Di Rumah Sakit Islam Jl. A. Yani 2-4 Surabaya).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Kunjungan pasien non gawat di Unit Gawat Darurat RSIS selama 5 tahun terakhir cenderung mengalami penurunan yaitu tahun 2001 sebesar 25%, tahun 2002 sebesar 26%, tahun 2003 naik hanya 1%, tahun 2004 sebesar 7%, tahun 2005 sebesar 7%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor provider (petugas dari aspek knowledge, attitude, practice, sarana dan tarif) yang mempengaruhi menurunnya kunjungan pasien non gawat darurat di UGD RSIS.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancang bangun cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien non gawat darurat di UGD RSIS sejumlah 70 responden. Analisis harapan dan penilaian pasien dengan menggunakan matrik posisi. Cara menentukan posisi pelayanan dalam matrik posisi dengan menghitung total skor harapan dan penilaian pasien kemudian dihitung mean dari masing- masing indikator serta dihitung mean kompositnya dalam arti masing¬masing mean indikator dijumlahkan dibagi dengan jumlah indikator sehingga diperoleh mean komposit harapan sebagai sumbu absis dan mean penilaian sebagai sumbu ordinat yang digunakan sebagai nilai batas dari kuadran.
Dari karakteristik responden didapatkan bahwa sebagaian besar responden berjenis kelamin perempuan, dengan umur antara 18-40 tahun (dewasa), berpendidikan terakhir SLTA dan bekerja sebagai pegawai swasta, berpendapatan antara Rp.650.000 sampai Rp.1.300.000. Sebagian besar sudah pemah berobat ke RSIS dan kelompok referensinya diri sendiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan dan penilaian pasien terhadap faktor provider di UGD RSIS berdasarkan aspek knowledge yang sudah baik yaitu pelayanan dokter, perawat, loket pendaftaran, untuk loket pembayaran masih perlu dibenahi. Berdasarkan aspek attitude yang sudah baik yaitu pelayanan dokter dan loket pembayaran, untuk perawat yaitu mengenal pasien dengan baik masih perlu dibenahi, untuk loket pendaftaran bersikap ramah dan memberi salam pada pasien juga perlu dibenahi. Berdasarkan aspek practice yang sudah baik yaitu pelayanan perawat, loket pendaftaran dan loket pembayaran, sedangkan untuk pelayanan dokter yaitu cekatan dalam memberikan pelayanan masih perlu dibenahi. Tarif sudah sesuai dengan harapan pasien sedangkan sarana yang perlu dibenahi antara lain: tempat parkir yang luas, peralatan yang lengkap dan canggih, ruang periksa bersih, ruang periksa luas, kamar mandi dan WC bersih, ruang tunggu bersih dan kursi tunggu memadai
Actions (login required)
|
View Item |