IKLIM KERJA DAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PEKERJA PENGGILINGAN PADI DI KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO

Muhammad Dian Felani, 100710027 (2011) IKLIM KERJA DAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PEKERJA PENGGILINGAN PADI DI KECAMATAN WONOAYU KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-felanimuha-23162-fkm-295--k.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lingkungan kerja di penggilingan padi di desa wonoayu kabupaten Sidoarjo mempunyai potensi panas yang besar karena pekerjaan dilakukan di bawah sinar matahari. Lingkungan kerja yang panas di lokasi pabrik tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan pekerja. Selain berdampak pada kesehatan pekerja akibat dari paparan panas juga dapat mengakibatkan terjadinya kelelahan pada pekerja, sehingga produktivitas kerja menjadi turun. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari iklim kerja dan kelelahan subyektif pada pekerja di penggilingan padi di desa Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian observasional dengan pendekata cross-sectional. Alat yang digunakan untuk mengukur ISBB yaitu heatstress monitor, sedangkan kelelahan subyektif diukur menggunakan kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu total populasi sebanyak 10 responden. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ISBB di tiga lokasi unit kerja hasilnya melebihi Nilai Ambang Batas. Dampak iklim kerja terhadap kelelahan subyektif yang dirasakan responden yaitu haus (dehidrasi) serta hilangnya performansi kerja. Peneliti menyarankan kepada pihak perusahaan untuk menyediakan tempat istirahat yang sejuk, dan mengadakan pemeriksaan kesehatan kepada pekerja. Disarankan kepada pekerja untuk mengkonsumsi air minum secara teratur serta menggunakan alat pelindung diri berupa topi dan baju lengan panjang yang dapat melindungi dari radiasi sinar matahari pada saat bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 295/11 Fel i
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL CLIMATE AND FATIGUE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Dian Felani, 100710027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto Suwandi,, Prof., Dr., dr., M.OH, Sp.OK.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2012 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 03:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23630
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item