PENGARUH DUKUNGAN SUAMI TERHADAP KEPATUHAN AKSEPTOR MELAKUKAN KB SUNTIK DI BPS SITI AISYAH Amd.Keb KENDANGSARI SURABAYA

Ida Rafidah, 101011283 (2012) PENGARUH DUKUNGAN SUAMI TERHADAP KEPATUHAN AKSEPTOR MELAKUKAN KB SUNTIK DI BPS SITI AISYAH Amd.Keb KENDANGSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan akseptor KB suntik melakukan KB suntik adalah dukungan suami. Rendahnya dukungan suami dalam hal mendukung pasangannya untuk menggunakan alat kontrasepsi menyebabkan rendahnya kepatuhan akseptor melakukan KB suntik, sedangkan pada dasarnya dukungan suami dapat diharapkan memberikan semangat istrinya untuk meningkatkan kepatuhan melakukan KB suntik sehingga diharapkan pengguna KB suntik tidak sampai drop out. Kesuksesan program keluarga berencana diharapkan dapat menekan laju pertumbuhan penduduk yang diprediksi pada tahun 2045 sekitar 450 juta jiwa. Ini berarti 1 dari 20 penduduk dunia adalah orang Indonesia Desain penelitian yang digunakan cross sectional. Populasinya adalah seluruh akseptor lama KB suntik yang berkunjung pada bulan April 2012. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan sampel yang digunakan berjumlah 63 responden sesuai kriteria inklusi. Variabel independen adalah dukungan suami. Variabel dependen adalah kepatuhan akseptor melakukan KB suntik. Data yang telah diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan analisis regresi logistic dan hasil yang diperoleh adalah nilai signifikasi ρ = 0,011 yang artinya dukungan suami berpengaruh terhadap kepatuhan akseptor melakukan KB suntik di BPS Siti Aisyah Amd.Keb Kendangsari Surabaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh dukungan suami terhadap kepatuhan akseptor melakukan KB suntik di BPS Siti Aisyah Amd.Keb Kendangsari Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 106 - 12 Raf p
Uncontrolled Keywords: CONTRACEPTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Ida Rafidah, 101011283UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArief Wibowo,, Dr. dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Nov 2012 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23720
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item