PRAKTEK KESELAMATAN KERJA PADA PENGANGKUTAN (LOADING) BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) DI INSTALASI SURABAYA GROUP (ISG), PT. PERTAMINA (PERSERO)

Rachmad Hermawan, 101011318 (2012) PRAKTEK KESELAMATAN KERJA PADA PENGANGKUTAN (LOADING) BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) DI INSTALASI SURABAYA GROUP (ISG), PT. PERTAMINA (PERSERO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Suatu hal yang memegang peranan penting dalam penanganan bahan kimia berbahaya adalah pada proses pengangkutannya, karena dalam proses pengangkutan bahan kimia berbahaya sangat berisiko untuk terjadinya kecelakaan. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari dan mengevaluasi praktek keselamatan kerja pada pengangkutan BBM (Bahan Bakar Minyak) di Instalasi Surabaya Group (ISG), PT. PERTAMINA (Persero). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan cross – sectional. Variabel dari penelitian ini adalah alur proses pengangkutan BBM, potensi bahaya dari pengangkutan BBM, prosedur kerja pengangkutan BBM, dan syarat keselamatan kerja pengangkutan BBM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cheklist untuk observasi dan wawancara dengan para karyawan perusahaan. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat potensi bahaya seperti potensi bahaya tumpahan, potensi bahaya terpeleset dan potensi bahaya kecelakaan lalu lintas pada proses pengangkutan BBM. Selain itu diketahui bahwa praktek keselamatan kerja pada pengangkutan BBM sudah baik, meskipun masih terdapat kekurangan pada syarat kendaraan pengangkut bahan kimia. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar perusahaan sebaiknya melakukan upaya pengendalian terhadap potensi bahaya yang ada serta sebaiknya segera melengkapi syarat kendaraan pengangkut bahan kimia yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 67 - 12 Her p
Uncontrolled Keywords: PERSONNEL MANAGEMENT; INDUSTRIAL SAFETY
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Rachmad Hermawan, 101011318UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho’im Hidayat,, dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 30 Nov 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item