DIMAS FAHMI ILAFI, 041113324 (2016) MEMANDANG PERMUKAAN CERMIN RETAK: REFLEKSI PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 25 TAHUN 2014 TENTANG AKUNTAN BEREGISTER NEGARA TERHADAP KELANGSUNGAN PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk) (STUDI FENOMENOLOGI DI UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
A. 03-16 Ila m - HALAMAN DEPAN.pdf Download (420kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 2)
12. BAB 2 TINJAUAN KEPUSTAKAAN.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
13. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
14. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
15. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam rangka tertib administrasi Menteri Keuangan menyelenggarakan register negara akuntan yang dituangkan dalam PMK No. 25 Tahun 2014 tentang Akuntan Beregister Negara. Akan tetapi dalam penerapan PMK tersebut terdapat beberapa pasal yang merugikan pihak pendidikan profesi akuntansi (PPAk) dan juga mahasiswa PPAk. Di dalam pasal 2, untuk lulus dari pendidikan profesi akuntansi, mahasiswa harus lulus ujian sertifikasi chartered accountant yang diselenggarakan asosiasi profesi. Mahasiswa PPAk merasa keberatan akan ujian tersebut dan juga pihak PPAk merasa tidak diberi kesempatan untuk memberikan penilaian terhadap mahasiswanya. Pasal 3 juga berbunyi “untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi seseorang harus memeliki pendidikan paling rendah sarjana (S-1), atau diploma empat (D-IV)” ini menjadi polemik karena yang bisa mengikuti pendidikan profesi akuntansi bukan hanya berasal dari kalangan akuntansi, akan tetapi juga non-akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang menggambarkan persepsi mahasiswa PPAk dan juga pihak PPAk terhadap implementasi PMK No. 25 Tahun 2014. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi mahasiswa PPAk Universitas Airlangga tentang diterapkannya PMK No. 25 Tahun 2014 lebih merugikan mereka daripada menguntungkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A. 03/16 Ila m | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Profesi Akuntansi, Akuntan Beregister Negara, Profesi Akuntan, Chartered Accountant, Persepsi. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2016 07:14 | ||||||
Last Modified: | 10 May 2016 05:07 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23797 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |