ANALISIS PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT HAJI SURABAYA

FATHMI HUMAIROH, 100211024 (2006) ANALISIS PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-humairohfa-2531-fkm166_-6.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemahaman mengenai perilaku konsumen merupakan kunci kesuksesan utama bagi para pemasar, hal ini sangat penting mengingat pencapaian tujuan bisnis dilakukan melalui penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta penciptaan kepuasan pelanggan. Studi perilaku pembelian konsumen dibutuhkan dalam rangka mengimplementasikan orientasi pelangan sehingga dapat menjadi bahan masukan dalam merancang setiap keputusan dan rencana pemasaran. Pencapaian BOR (Bed Occupancy Rate) RSU Haji Surabaya sebagai indikator pelayanan kesehatan selama tiga tahun berturut-turut berada dibawah standar RS (60 – 80 %), yaitu tahun 2003 BOR RS sebesar 48,95 %, tahun 2004 sebesar 49,73 % dan tahun 2004 sebesar 59,81 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan antara perilaku pembelian responden rawat inap dan perilaku pembelian responden yang menolak menggunakan rawat inap di RSU Haji Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bersifat deskriptif Sampel diambil secara simple random sampling dari pasien yang menggunakan rawat inap dan secara sampling aksidental dari pasien yang menolak rawat inap di RSU Haji Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik psikologi berdasarkan pengalaman menunjukkan bahwa untuk responden yang tidak pernah mendapatkan pengalaman kurang memuaskan cenderung lebih banyak menggunakan rawat inap, sedangkan responden yang pernah mendapatkan pengalaman kurang memuaskan cenderung menolak rawat inap. Pengalaman berupa pelayanan dokter dan perawat kurang memuaskan cenderung dialami oleh responden rawat inap sedangkan pengalaman berupa waktu penanganan yang lama cenderung dialami oleh responden menolak rawat inap. Berdasarkan komponen pemasaran RS (product, price, place, process, people, physical evidence, promotion), secara keseluruhan responden yang menyatakan baik cenderung menggunakan rawat inap sedangkan responden yang menyatakan kurang baik cenderung menolak rawat inap. Berdasarkan pencarian informasi rawat inap, responden yang aktif mencari informasi rawat inap cenderung menggunakan rawat inap sedangkan responden yang tidak aktif mencari informasi rawat inap cenderung menolak menggunakan rawat inap. Berdasarkan pertimbangan keputusan pembelian, responden yang mempertimbangkan keputusan karena lokasi RS terjangkau, karena pelayanan lengkap, karena kondisi ruangan bersih dan nyaman, karena jaminan kesembuhan besar dan karena waktu pelayanan cepat cenderung menggunakan rawat inap sedangkan responden yang mempertimbangkan keputusan karena kondisi penyakit pasien tidak terlalu parah dan karena minimnya kualitas peralatan medis cenderung menolak rawat inap di RSU Haji Surabaya. Sebagai salah satu upaya agar konsumen mudah dalam mengakses informasi pelayanan di RSU Haji Surabaya, sebaiknya dibutuhkan adanya media (media cetak atau media elektronik) untuk menyampaikan informasi layanan RSU Haji Surabaya kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 166/06 Hum a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; PURCHASING BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FATHMI HUMAIROH, 100211024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J. Pudjiharjo, dr., M.S., M.PH., Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Oct 2006 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 22:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23966
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item