HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DENGAN FUTURE USE DAN REFERRAL DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT (Studi Kasus di Ruang Anak, Obgyn, Kelas I, Paviliun Anak RSUD Nganjuk )

ETIKA RAHMA SUPRAPTO, 100311118 (2007) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DENGAN FUTURE USE DAN REFERRAL DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT (Studi Kasus di Ruang Anak, Obgyn, Kelas I, Paviliun Anak RSUD Nganjuk ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-supraptoet-9918-fkm208_-k.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-supraptoet-8279-fkm208_-7.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitas pelayanan yang baik akan dapat memuaskan pasien atau para pengguna jasa pelayanan tersebut. Kepuasan pasien atau pengguna jasa pelayanan merupakan suatu modal untuk mendapatkan pasien yang loyal (setia) di masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan tingkat kepuasan pasien secara umum dengan future use and referral. Tingkat kepuasan pasien diketahui dengan mengukurnya secara langsung. Penelitian ini bersifat analitik dan dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Sample pada penelitian ini zdalah pasien instalasi rawat inap, obgyn, kelas I dan paviliun anak RSUD Nganjuk yang diambil secara proporsional randgm sampling sebanyak 89. Cara pengukuran dilakukan dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap variabel kepuasan yang meliputi reliability, assurance, tangible, empathy, responsiveness, variabel future and referral. Pengolahan kepuasan pasien dihitung dengan menggunakan skala likert yang kemudian akan didapatkan nilai rata-rata skor total dari setiap aspek di tiap ruang rawat inap. Untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan secara umum dengan future use dan referral dilakukan uji hubungan dengan uji chi – square yang dilanjutkan dengan uji coefficient contingency. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 72,0% responden yang puas dan 94,4% yang sangat puas di ruang anak, di ruang obgyn 60,0% responden yang puas dan 90,9%yang sangat puas, 100% responden yang sangat puas dan sangat puas di ruang kelas 1, juga 100% responden yang puas di ruang paviliun anak menyatakan mau kembali menggunakan (future use) jasa pelayanan di RSUD Nganjuk di masa yang akan datang. Terdapat 84,0% responden yang puas dan 100% yang sangat puas di ruang anak, di ruang obgyn 73,3% responden yang puas dan 1009/6 responden yang sangat puas, juga 100% responden yang puas dan sangat puas di rang kelas 1, 100% responden yang puas di ruang paviliun anak menyatakan mau menyarankan orang lain (referral) untuk menggunakan jasa pelayanan di RSUD Nganjuk. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan secara umum di ruang anak memiliki hubungan yang rendah dengan future use ( p = 0,178 ; a = 0,05; r = 0,326 ) dan memiliki hubungan yang rendah referral (p = 0,113 ; a = 0,05; r = 0,343), di ruang obgyn hubungan tingkat kepuasan dengan future use rendah ( p = 0,111 ; a = 0,05; r = 0,274 ) begitu pula hubungan dengan referral juga rendah ( p = 0,127 ; a = 0,05 ; r = 0,262 ). Untuk ruang kelas 1 dan paviliun anak tidak di lakukan analisis hubungan tingkat kepuasan secara umum dengan future use dan referral karena jumlah responden tidak memenuhi syarat (< 25 responder). Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa terdapat hubungan yang rendah antara tingkat kepuasan di rang rawat inap anak dan obgyn RSUD Nganjuk dengan future use dan referral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 208/07 Sup h
Uncontrolled Keywords: PATIENT SATISFACTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Creators:
CreatorsNIM
ETIKA RAHMA SUPRAPTO, 100311118UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 07 Jan 2009 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 20:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23984
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item