HUBUNGAN RIWAYAT MALARIA DENGAN STATUS ANEMIA PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DAERAH ENDEMIS MALARIA : DI SD NEGERI NGRECO III DESA NGRECO KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN

Luluk Mardianah, 100210967 (2006) HUBUNGAN RIWAYAT MALARIA DENGAN STATUS ANEMIA PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DAERAH ENDEMIS MALARIA : DI SD NEGERI NGRECO III DESA NGRECO KECAMATAN TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-mardianahl-2490-fkm100-k.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
24035.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anemia merupakan keadaan menurunnya kadar haemoglobin, hematokrit, dan jumlah sel darah merah dibawah nilai normal yang dipatok untuk perorangan. Keadaan anemia merupakan gejala yang sering dijumpai pada penderita dengan infeksi malaria di daerah endemis terutama pada anak-anak dan ibu hamil. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya anemia yaitu tidak hanya defisiensi suatu zat gizi (zat besi, asam folat, vitamin B12) tetapi juga dapat disebabkan oleh suatu parasit, salah satunya yaitu parasit pada penderita malaria. Daerah Pacitan merupakan daerah endemis malaria tertinggi di Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan riwayat malaria dengan status anemia pada anak Sekolah Dasar di daerah endemis malaria. Berdasarkan waktu pelaksanaannya, jenis penelitian ini adalah crossectional study. Penelitian ini juga merupakan penelitian observasional atau lapangan yang bersifat analitik yang menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua murid SDN Ngreco III di Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Sampel diambil dengan metode simple random sampling dan didapatkan sebesar 62 murid yaitu kelas 3 sampai 6. Data yang dikumpulkan meliputi variabel bebas (riwayat pernah tidaknya menderita malaria), variabel terikat (status anemia), dan variabel anteseden (faktor agent, host, environment, dan karakteristik keluarga). Untuk menganalisis hubungan riwayat penyakit malaria dengan status anemia digunakan uji Chi square (x²). Dari hasil penelitian didapatkan prevalensi penderita anemia pada anak Sekolah Dasar yang menjadi sampel sebesar 30,65 %, sedangkan prevalensi yang pernah menderita malaria sebesar 46,77 %. Pengujian dengan uji chi square didapatkan p > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara riwayat malaria dengan status anemia pada anak Sekolah Dasar di daerah endemis malaria. Petugas kesehatan diharapkan melakukan upaya penanganan lebih lanjut terhadap penderita anemia sekaligus upaya pencegahan yang didukung oleh partisipasi masyarakat setempat. Dan juga seluruh masyarakat Desa Ngreco sebaiknya selalu melakukan upaya pencegahan terjadinya penyakit malaria dengan meminimalkan potensi lingkungannya yang mendukung terjadinya penyakit malaria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 100/06 Mar h
Uncontrolled Keywords: MALARIA; ANEMIA IN CHILDREN
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Luluk Mardianah, 100210967UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMerryana Adriani, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Oct 2006 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 21:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24035
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item