Siti Zumaroh, 100511635 (2009) ANALISIS BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA PUSKESMAS KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-zumarohsit-12511-fkm630-k.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-zumarohsit-10955-fkm630-a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja. Berdasarkan Evaluasi Penilaian Kinerja Puskesmas Kota Surabaya Tahun 2008 diketahui bahwa pada tahun 2008 terdapat 3 puskesmas bukan perawatan yang memiliki nilai akhir kinerja termasuk dalam kategori tidak berhasil/tidak memuaskan dan juga terdapat 16 puskesmas bukan perawatan yang memiliki nilai akhir kinerja termasuk dalam kategori cukup berhasil/cukup memuaskan di Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis budaya organisasi dan kinerja dalam rangka meningkatkan kinerja di Puskesmas Asemrowo, Puskesmas Mulyorejo, Puskesmas Gundih dan Puskesmas Benowo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancang bangun cross sectional study dengan pendekatan survei. Interview dilakukan pada 100 petugas puskesmas. Subjek diambil dengan metode total populasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi lebih mendetail dengan menggunakan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI dan instrument self assessment. Hasil penelitian dianalisis dengan program komputer dan The Competing Values Framework untuk mengetahui deskripsi dari budaya organisasi di Puskesmas Asemrowo, Puskesmas Mulyorejo, Puskesmas Gundih dan Puskesmas Benowo. Hasil dari penelitian ini adalah tiga dari empat puskesmas memiliki budaya clan. Dan satu puskesmas memiliki budaya hierarchy. Kemudian tiga dari empat puskesmas mengimplementasikan organisasi berfokus pelanggan dalam skala cukup. Dan satu puskesmas mengimplementasikan organisasi berfokus pelanggan dalam skala baik. Kinerja Puskesmas Asemrowo dan Puskesmas Mulyorejo meningkat dan kinerja Puskesmas Gundih dan Puskesmas Benowo menurun. Hasil ini mengindikasikan bahwa terjadi peningkatan kinerja pada 2 puskesmas yang diteliti dengan tipe budaya clan. Masing-masing puskesmas seharusnya mengembangkan tipe budaya organisasi yang lebih adaptif sesuai dengan perubahan lingkungan, komitmen, bertanggungjawab dan seharusnya meningkatkan responsiveness terhadap pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM 63/09 Zum a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PUBLIC HEALTH; HEALTH SERVICES | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Fariddio Caesar | ||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Oct 2016 07:48 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24115 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |